Penggunaan Internet Sebagai Media Sumber Literatur oleh Mahasiswa Program Magister: Pendekatan Model TAM (Technology Acceptance Model) yang Dimodifikasi

Sarasmitha, Citra (2014) Penggunaan Internet Sebagai Media Sumber Literatur oleh Mahasiswa Program Magister: Pendekatan Model TAM (Technology Acceptance Model) yang Dimodifikasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penentu penggunaan internet sebagai media sumber literatur oleh mahasiswa akuntansi program magister. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) oleh Davis (1989) yang modifikasi dalam hal prediksi. Data dikumpulkan dari 181 mahasiswa dengan metode survei. Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan, persepsi isi internet, dan personalitas keterbukaan memiliki pengaruh positif terhadap penggunaan internet. Sedangkan persepsi kegunaan tidak berpengaruh terhadap penggunaan internet. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi dosen dan penyedia internet untuk mempertimbangkan persepsi mahasiswa atas kemudahan penggunaan dan kualitas informasi dalam internet. Selain itu, para dosen seharusnya mengetahui tentang kepribadian mahasiswa yang memiliki dampak langsung terhadap penggunaan internet.

English Abstract

The aim of this study is to investigate the determinants of internet usage as a media source literature by Accounting Students of Magister Program. This study used a Technology Acceptance Model (TAM) by Davis (1989) with modified for predicting. Data was collected from 181 students with survey method. Data was analyzed by Partial Least Square (PLS) software. The result shows that perceived ease of use, perceived internet content, and openness personality have positive influences to internet usage. Although, perceived usefulness has not influences to internet usage. The implication of this study is relevant to lecturer and internet provider for considering about perception students at ease of use and quality information in internet. Despite, lecturers should know about personality students have a direct impact to internet usage.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/84/051401909
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Mar 2014 14:32
Last Modified: 17 Mar 2014 14:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107648
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item