JunaidiA, Moch (2014) Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Wisatawan Dalam Memilih Daya Tarik Wisata Ziarah (Studi Pada Pengunjung Wisata Ziarah Makam Gus Dur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan wisatawan dalam memilih daya tarik wisata ziarah (studi pada wisata ziarah makam Gus Dur di kabupaten Jombang), baik secara simultan maupun secara parsial, serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan. Sampel penelitian adalah sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling menggunakan Purposive Sampling dimana pengambilan sampel ditentukan berdasarkan pertimbangan tertentu. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji T serta uji dominan. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan terhadap data yang ada, pengujian secara simultan memberikan kesimpulan bahwa dari keempat variabel faktor psikologis yang terdiri dari motivasi (X1), persepsi (X2), pembelajaran (X3), kepercayaan dan sikap (X4), berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan wisatawan dalam memilih daya tarik wisata ziarah (makam Gus Dur). Hasil analisis juga menunjukkan bahwa secara parsial masing-masing variabel motivasi (X1), persepsi (X2), kepercayaan dan sikap (X4), berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan wisatawan dalam memilih daya tarik wisata ziarah (makam Gus Dur). Sedangkan variabel pembelajaran (X3) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan wisatawan dalam memilih daya tarik wisata ziarah (makam Gus Dur). Dari uji Determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,245 yang artinya 24,5% keputusan wisatawan dalam memilih wisata ziarah dipengaruhi oleh faktor psikologis yang terdiri dari variabel bebas, yaitu variabel motivasi (X1), persepsi (X2), pembelajaran (X3), kepercayaan dan sikap (X4), sedangkan sisanya sebesar 75,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selain faktor psikologis, masih ada beberapa kemungkinan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pengambilan keputusan berkunjung, seperti faktor kebudayaan, faktor sosial, dan faktor pribadi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2014/534/051502210 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 19 Mar 2015 08:46 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107575 |
Text
02_Lembar_Pengesahan_Compre.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
01_Skripsi_Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
03_Lembar_Pengesahan_Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
04_Daftar_Riwayat_Hidup_Moch._Junaidi_A..pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
05_Kata_Pengantar.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
06_Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
08_BAB_II_Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
10_BAB_IV_Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11_BAB_V_Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
12_Daftar_Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
07_BAB_I_Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
09_BAB_III_Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Scan_Surat_Pernyataan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |