Pola Perilaku Konsumtif Pada Komunitas G Rider Adventure Trail

Utomo, Muchamat Dwi Waluyo Setyo Budi (2018) Pola Perilaku Konsumtif Pada Komunitas G Rider Adventure Trail. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang pandangan dan pendapat informan mengenai tindakan memodifikasi kendaraan motor trail. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami pola perilaku konsumtif yang dilakukan oleh anggota komunitas G Rider Adventure Trail dalam melakukan modifikasi kendaraan motor trail. Manfaat penelitian ini dapat memberikan pemahaman mengenai pola perilaku konsumtif yang dilakukan oleh anggota komunitas G Rider Adventure Trail. Penelitian ini menggunakan salah satu teori postmodern, yaitu teori masyarakat konsumsi yang dikemukakan oleh Jean Paul Baudrillard untuk menganalisis perilaku konsumtif yang dilakukan oleh anggota komunitas motor G Rider Adventure Trail yang menunjukan pada gaya hidup. Jean Paul Baudrillard mengembangkan konsep mengenai masyarakat konsumsi menjadi tiga yaitu, nilai guna,nilai tanda, simulakra,hiperrealitas. Nilai guna merupakan fungsi atau manfaat dari suatu komoditas yang dikonsumsi. Nilai tanda merupakan suatu simbol yang melekat pada suatu komoditas tertentu. Simulakra merupakan ruang yang dihasilkan dari simulasi yang berisikan realitas-realitas semu. Oleh karena itu peneliti dalam penelitian ini tertarik untuk menggali lebih dalam lagi mengenai memodifikasi kendaraan motor trail dalam menunjang hobinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bergesernya dari nilai guna ke nilai tanda menghasilkan suatu simulasi. Nilai tanda yang melekat pada simbol sparepart dan aksesories pada kendaraan motor trail memiliki tanda tersendiri yang dapat menghasilkan nilai kebanggaan ketika mempunyai simbol dari beberapa merk sparepart dan aksesories dalam kegiatan modifikasi kendaraan motor trail. Serta mendapatkan pengakuan dari komunitas motor trail lainnya. Hal in yang menjadikan komunitas G Rider Adventure Trail sering melakukan kegiatan memodifikasi kendaraan motor trail.

English Abstract

This researcher examines the views and opinions of informants about modifying the dirt bike. The purpose of this research is to understand the pattern of consumer behavior that is being implemented by members of the G Rider Adventure Trail community when modifying the Dirt Bike. The benefits of this research may provide an understanding of the consumptive behavior patterns of members of the G Rider Adventure Trail community. This study uses one of the postmodern theories, namely the theory of consumerism by Jean Paul Baudrillard, to analyze the consumptive behavior committed by members of the motorcycle community G Rider Adventure Trail, which shows the lifestyle. Jean Paul Baudrillard developed the concept of consumer society in three, namely utility value, market value, simulacra, hyperrealitas. Use value is a function or advantage of a consumed product. The value of a sign is a symbol that is tied to a particular commodity. Simulakra is a space created from simulations containing false realities. Therefore, researchers in this study are interested in learning more about modifying the trail bike to support their hobby. This research uses descriptive qualitative method. Technique of data collection through interview, observation and literature study. The results of this study show that the shift from the utility value to the value of the sign produces a simulation. The value of the tag attached to the spare parts icon and the accessory of the rear wheel motor vehicle has its own tag, which can be proud of having symbols for some brands of spare parts and accessories in the operation of the car track modification. And get recognition from the community of other trail bikes. This makes the Community G Rider Adventure Trail often activities to change the trail bike.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/246/051803866
Uncontrolled Keywords: G Rider Adventure Trail,Konsumsi Nilai Tanda, Perilaku Konsumtif
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social Processes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 May 2018 06:35
Last Modified: 21 Oct 2021 03:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10755
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (166kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item