Pengaruh Persepsi Privasi, Persepsi Keamanan, Persepsi Kepercayaan, Persepsi Risiko, Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan E-Commerce

Yutadi, KrisnuPutra (2014) Pengaruh Persepsi Privasi, Persepsi Keamanan, Persepsi Kepercayaan, Persepsi Risiko, Persepsi Kegunaan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan E-Commerce. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat dalam penggunaan e-commerce dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis pada tahun 1989. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (JAFEB UB) yang telah mengetahui transaksi e-commerce. Sebanyak 242 data mahasiswa yang telah menggunakan e-commerce diolah dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa minat penggunaan e-commerce dipengaruhi secara positif oleh konstruk persepsi privasi, konstruk persepsi kepercayaan, konstruk persepsi risiko, konstruk persepsi kegunaan, dan konstruk persepsi kemudahan. Sedangkan konstruk persepsi keamanan tidak memberikan pengaruh positif terhadap minat penggunaan e-commerce. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak manajemen dan analis sistem e-commerce agar memperhatikan kembali faktor persepsi privasi, persepsi kepercayaan, persepsi risiko, persepsi kegunaan, dan persepsi kemudahan dalam penerapan dan mengembangkan sistem transaksi e-commerce.

English Abstract

This research purposes to examine the factors that affect intention to use e-commerce by using Technology Acceptance Model (TAM) develop by Davis in 1989. The research was conducted in major Accounting Faculty Economic and Business Brawijaya University. A total of 242 data student which have been using e-commerce were processed using Partial Least Square (PLS). The result of analysis for this model shows that the intention to use e-commerce is influenced positively by construct perceived privacy, construct perceived trust, construct perceived risk, construct perceived usefulness, and construct perceived ease of use. Beside that, perceived security did not positively influence on intention to use of e-commerce. The implications of the research are relevant for the management and e-commerce analyst system to consider of perceived privacy, perceived trust, perceived risk, perceived usefulness, and perceived ease of use in implementing and developing e-commerce transaction system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/508/051501478
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Mar 2015 11:25
Last Modified: 27 Oct 2021 04:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107546
[thumbnail of Skripsi_Krisnu_Putra_Yutadi_105020307111029.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Krisnu_Putra_Yutadi_105020307111029.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item