Pengaruh Financial Leverage, Investasi, Likuiditas, Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)

Meithasari, Dian (2014) Pengaruh Financial Leverage, Investasi, Likuiditas, Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan menetapkan kebijakan laba untuk menindaklanjuti perolehan laba yang dapat dialokasikan pada dua komponen yaitu dividen dan laba ditahan. Dividen merupakan bagian dari laba yang tersedia bagi para pemegang saham biasa dalam bentuk tunai. Laba ditahan (retained earning) adalah bagian dari laba yang tersedia bagi para pemegang saham biasa yang ditahan oleh perusahaan untuk diinvestasikan kembali (reinvestment) dengan tujuan untuk mengejar pertumbuhan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh financial leverage, investasi, likuiditas, dan profitabilitas terhadap kebijakan dividen perusahaan. Penelitian ini termasuk penelitian eksplanatori, menggunakan 19 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2008-2010 sebagai sampel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel dan data kuantitatif yang berasal dari sumber sekunder. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda melalui pengujian SPSS dengan mempertimbangkan uji asumsi klasik yaitu normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, dan autokorelasi, yang kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis, yaitu uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial leverage, investasi, likuiditas, dan profitabilitas secara simultan maupun parsial sama – sama tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhada kebijakan dividen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/494/051500247
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 19 Jan 2015 13:49
Last Modified: 29 Nov 2021 03:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107530
[thumbnail of Skripsi_-_Dian_Meithasari_-_0810220068.pdf]
Preview
Text
Skripsi_-_Dian_Meithasari_-_0810220068.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item