Pengaruh Motivasi Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Kantor Pusat PT. Varia Usaha)

Primanda, Aryo (2014) Pengaruh Motivasi Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Kantor Pusat PT. Varia Usaha). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja secara langsung terhadap kepuasan kerja, (2) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja secara langsung terhadap kinerja karyawan, (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja secara langsung terhadap kinerja karyawan, (4) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja secara tidak langsung terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian menggunakan metode explanatory survey . Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada seluruh karyawan organik (tetap) unit servis yang ada di kantor pusat PT Varia Usaha dengan jumlah responden penelitian sebanyak 90 orang karyawan. Dalam penelitian ini variabel independennya adalah motivasi kerja, kemudian variabel dependennya adalah kinerja karyawan, sementara kepuasan kerja merupakan variabel intervening. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis jalur ( path analyzing ). Hasil dari penelitian yang didapat adalah; (1) Motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja dengan signifikansi 0.001 dengan koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0.128 (12.8%), (2) Kepuasan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan dengan signifikansi 0.000 dengan koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0.109 (10.9%), (3) Motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan dengan signifikansi 0.000 dengan koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0.199 (19.9%), (4) Motivasi kerja secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja dengan signifikansi 0.000 dengan koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0.0139 (1.39%). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa variabel bebas memiliki pengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat dengan pengaruh secara langsung lebih besar daripada pengaruh secara tidak langsung melalui variabel intervening.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/492/051500152
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 14 Jan 2015 10:58
Last Modified: 29 Nov 2021 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107528
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item