Analisis Pengelolaan Kinerja Organisasi Sektor Publik Berbasis Balanced Scorecard (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang)

Fuadi, Afian (2014) Analisis Pengelolaan Kinerja Organisasi Sektor Publik Berbasis Balanced Scorecard (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Malang merupakan organisasi sektor publik dibawah kendali Direktorat Jendral Pajak dan Kementrian Keuangan yang memiliki fungsi utama melakukan pengumpulan pajak pada wajib pajak badan atau perusahaan di wilayah kerja daerah tapal kuda Provinsi Jawa Timur. Pada awal tahun 2012 institusi ini mulai menerapkan konsep pengelolaan kinerja berbasis Balanced Scorecard sesuai dengan ketetapan Dirjen Pajak. Sebagai organisasi sektor publik di Indonesia, hal ini terbilang baru dan merupakan terobosan mutakhir. Penelitian yang dilakukan pada KPP Madya Malang ini bertujuan untuk menjelaskan secara mendalam praktek pengelolaan kinerja berbasis Balanced Scorecard melalui ke-8 tahapan mekanisme yakni, pembentukan peta strategi, penentuan indikator kinerja utama (IKU), penyusunan manual IKU, penetapan target capaian, pembobotan, penandatanganan kontrak kinerja, perumusan inisiatif strategis dan monitoring dan evaluasi nilai kerja organisasi (NKO) Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yakni dengan menjelaskan dan membandingkan secara mendalam praktek pengelolaan kinerja berbasis Balanced Scorecard pada KPP Madya Malang dengan pedoman pelaksanaan pengelolaan kinerja yang ditetapkan oleh Kementrian Keuangan dan teori – teori yang telah dikumpulkan. Berdasarkan analisis yang dilakukan, 8 tahapan pengelolaan kinerja berbasis Balanced Scorecard secara formal telah dilaksanakan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang telah diberikan oleh Kementrian Keuangan. Implementasi dari sistem ini mampu mengurangi secara drastis tingkat pelanggaran yang dilakukan oleh pegawai pajak. Namun, Pada hasil akhir realisasi kinerja KPP Madya Malang masih tidak bisa mencapai target yang dicanangkan pada awal tahun. Hal ini dikarenakan tidak tercapainya target pada perspektif Stakeholder yang menjadi perspektif utama, meskipun pada perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran telah tercapai dengan sempurna

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/476/051408237
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 22 Dec 2014 09:08
Last Modified: 29 Nov 2021 03:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107511
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item