Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Dividen Perusahaan Yang Listing Di Bei Dan Masuk Corporate Governance Perception Index (Pada Kelompok Cash Dividen Final Naik Dan Turun)

Putri, LiaPranata (2014) Reaksi Pasar Terhadap Pengumuman Dividen Perusahaan Yang Listing Di Bei Dan Masuk Corporate Governance Perception Index (Pada Kelompok Cash Dividen Final Naik Dan Turun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembagian dividen merupakan salah satu corporate action yang diperlukan oleh investor dalam pengambilan keputusan investasinya. Untuk menguji reaksi pasar terhadap pengumuman pembagian dividen, dapat digunakan pengujian refleksi harga saham melalui abnormal return dan pengujian volume saham melalui trading volume activity. Penelitian ini mengambil sampel pada perusahaan yang masuk Corporate Governance Perception Index (CGPI) yang merupakan indeks perusahaan dengan kriteria good corporate governance yang terpercaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui reaksi pasar yang ditunjukkan oleh abnormal return dan trading volume activity terhadap pengumuman dividen pada perusahaan yang masuk CGPI, baik dalam kelompok dividen naik maupun dividen turun. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling sehingga didapatkan 11 sampel perusahaan yang diteliti. Sampel perusahaan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 7 perusahaan yang memiliki pembagian dividen turun, dan 4 perusahaan yang memiliki pembagian dividen naik. Pengujian data menggunakan one sample t-test dan paired sampled t-test. Berdasarkan kedua uji tersebut didapatkan bahwa pengumuman dividen naik pada perusahaan yang masuk CGPI tidak direspon oleh pasar, sedangkan pengumuman dividen turun pada perusahaan yang masuk CGPI direspon oleh pasar dengan proksi variabel trading volume activity yang bereaksi secara lemah pada t-5 dan t+5. Dengan adanya hasil penelitian ini menandakan bahwa pengumuman dividen pada perusahaan yang masuk CGPI tidak terlalu direspon oleh pasar. Hal ini disebabkan karena pengumuman dividen tidak dianggap sebagai satu-satunya hal yang mempengaruhi keputusan investor dalam pengambilan keputusan, terutama dalam perusahaan berpredikat good corporate governance baik yang memiliki likuiditas dan akuntabilitas perusahaan yang baik pula.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/458/051407884
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Nov 2014 08:42
Last Modified: 27 Oct 2021 04:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107491
[thumbnail of LIA_PRANATA_PUTRI_105020200111068.pdf]
Preview
Text
LIA_PRANATA_PUTRI_105020200111068.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item