Peran Pembiayaan Kur BRI Terhadap Perkembangan Umkm Di Kota Malang Dan Tingkat Kemampulabaan Bank BRI Di Unit Sawojajar (Studi Pada Unit BRI Sawojajar)

Costa, Prayoga Willemda (2014) Peran Pembiayaan Kur BRI Terhadap Perkembangan Umkm Di Kota Malang Dan Tingkat Kemampulabaan Bank BRI Di Unit Sawojajar (Studi Pada Unit BRI Sawojajar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program pemerintah dalam rangka pemberdayaan UMKM. Program ini bekerja sama dengan pihak lain , salah satu bank BRI yang ikut berperan dalam pengembang UMKM melalui program KUR ini. BRI selaku bank penyalur KUR terbesar dengan tingkat NPL yang paling kecil dibandingkan bank penyalur lainnya. T ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pembiayaan KUR BRI terhadap perkembangan UMKM di Kota Malang dan mengetahui pengaruh pembiayaan KUR BRI terhadap profitabilitas bank BRI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dan perhitungan rasio-rasio likuiditas, rentabilitas, dan solvabilitas. Dari hasil penelitian ini dapat menunjukan peran pembiayaan KUR BRI sangatlah berperan dalam mengembangkan UMKM di Kota Malang. Peranan KUR BRI ini dapat dilihat dari pergerakan pendapatan para pengguna KUR BRI yang terus meningkat setelah menggunakan KUR BRI. Dengan adanya peranan KUR BRI yang sangat besar dapat menimbulkan resiko atau permasalahan yang sangat kompleks untuk penyaluran KUR BRI yang sering terjadi seperti kredit fiktif atau topengan dan salah satu temuan penelitian ini adalah penggunaan dana pinjaman untuk keperluan lain. Dengan adanya temuan ini pihak BRI melakukan pembinaan agar permasalahan yang terjadi dapat diatasi dengan cara pembinaan secara terus menerus kepada para pelaku UMKM. Meskipun dengan adanya permasalahan tersebut , BRI berhasil menarik minat para pelaku UMKM untuk mengetahu i tentang bank dan produk-produknya bank BRI. Peran pembiayaan KUR BRI itu sendiri juga berdampak pada tingkat likuiditas, rentabilitas, dan solvabilitas yang baik dan sehat. Dengan memfokuskan pada perkreditan mikro bank BRI menjadi bank dengan pengh a silan laba tertinggi di Indonesia dan tahan denga n krisis global.

English Abstract

Kredit Usaha Rakyat ( KUR) is a program of the government for the empowerment of UMKM . The program is in cooperation with ano the r, BRI is one of bank that had a role in UMKM development through the KUR program . There are two kind of KUR , Micro and Retail KUR . Micro KUR is a capital loans and investment loans with a maximum ceiling amount of 20 million . BRI as the largest UMKM dealer banks with the smallest level of NPL compared to other participating banks . The purpose of this study was to find out the role of KUR BRI finance againts UMKM in Malang and the effect on the BRI profitability of financing KUR BRI . This study used a qualitative case study approach . T he results of this study may indicate the role of financing KUR BRI is instrumental in UMKM develop ment in Malang . The role of KUR BRI can be seen from the movement of KUR BRI customer

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/433/051407533
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Nov 2014 08:43
Last Modified: 29 Nov 2021 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107465
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BABV&VI.pdf]
Preview
Text
BABV&VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BABIV.pdf]
Preview
Text
BABIV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATAPENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATAPENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTARISI.pdf]
Preview
Text
DAFTARISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTARPUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTARRIWAYATHIDUP.pdf]
Preview
Text
DAFTARRIWAYATHIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item