Strategi Untuk Mencapai Tujuan Keuangan (Kajian Deskriptif pada Mahasiswa Universitas Brawijaya)

Megaputra, Gigih (2014) Strategi Untuk Mencapai Tujuan Keuangan (Kajian Deskriptif pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan keuangan pribadi seringkali terjadi khususnya pada mahasiswa yang tidak lagi tinggal bersama orang tua atau walinya (indekos). Mahasiswa pada umumnya mempunyai periode penerimaan pendapatan satu bulan sekali. Periode penerimaan sekali dalam satu bulan ini pada umumnya berpotensi menimbulkan kesalahan pola konsumsi jika tidak ada perencanaan dan kedisiplinan dalam membelanjakan keuangan. Agar mampu terhindar dari berbagai permasalahan keuangan para mahasiswa perlu mempelajari perencanaan keuangan pribadi . Tujuan utama penulisan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan memahami strategi mahasiswa untuk mencapai tujuan keuangan pribadinya. Setting penelitian ini adalah kantin-kantin di lingkungan Universitas Brawijaya. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer, yang diperoleh dengan cara observasi di lokasi penelitian dan wawancara secara mendalam kepada mahasiswa Universitas Brawijaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi untuk mencapai tujuan keuangan pribadi mahasiswa ditentukan oleh situasi keuangan pribadi yang baik, didukung oleh tujuan keuangan pribadi dalam memperlancar keberhasilan studi, dan sumber keuangan yang memadai.. Implikasi pada penelitian ini adalah Perencanaan keuangan pribadi diharapkan menjadi acuan bagi mahasiswa untuk mencapai tujuan keuangannya. Pembuatan dan penerapan perencanaan keuangan pribadi dimaksudkan untuk mempermudah pencapaian tujuan keuangan pribadi mahasiswa. Tujuan perencanaan keuangan tidak hanya mengatur pendapatan dan pengeluaran rutin saja, namun juga bisa digunakan untuk mencapai tujuan keuangan yang sifatnya khusus.

English Abstract

Financial problems often occurs particularly to college student whose doesn’t live with their parents anymore (board). This college student usually receive allowance each month from their parents. Generally, the acceptance period once a month potentially cause error in consumption patterns if there is no planning and financial discipline in spending. To be able to avoid the financial problems everyone needs to learn personal financial planning. The main objective of this research paper is to reveal and understand the students’ strategies to achieve their personal financial goals. The research setting are the canteens at Brawijaya University. This study uses descriptive qualitative research. The data uses in this study is primary data, which obtained by observation at the study site and depth interviews to the students of Brawijaya University. The result show that the strategy to achieve student financial goal is determined by good personal financial situation, supported by personal financial goals to expediting the success of the study, and sufficient financial resource. The implication of this research is personal financial planning is expected to be reference for students to achieve their financial goals. Preparation and application of personal financial planning is intended to facilitate the avhievement of students’ personal financial goals. The purpose of financial planning is not just a set routine of income and expenses, but also can be used to achieve financial goals that are specific.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/432/051407518
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 07 Nov 2014 09:51
Last Modified: 29 Nov 2021 02:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107464
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._ABSTRAKSI_INDONESIA_&_INGGRIS.pdf]
Preview
Text
11._ABSTRAKSI_INDONESIA_&_INGGRIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
3._LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
4._PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 12._BAB_I.pdf]
Preview
Text
12._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._BAB_II.pdf]
Preview
Text
12._BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._BAB_V.pdf]
Preview
Text
12._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._BAB_III.pdf]
Preview
Text
12._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
12._BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item