Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Menciptakan Word Of Mouth (Studi Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Prima Husada, Malang)

Kusuma, KurrotulDesfireaWidya (2014) Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Menciptakan Word Of Mouth (Studi Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Prima Husada, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas pelayanan memiliki keterikatan pada kepuasan pelanggan, karena kualitas dapat mendorong pelanggan untuk memiliki ikatan kuat dengan perusahaan yang bertujuan untuk mengerti kebutuhan dan keinginan pelanggan. Selain itu, kenaikan permintaan atas masyarakat sehat menyebabkan kualitas pelayanan menjadi fungsi penting dalam pelayanan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan menganalisa pengaruh dari reliability, empathy, tangibles, assurance dan responsiveness terhadap kepuasan pelanggan (pasien) dan word of mouth di Rumah Sakit Prima Husada. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Prima Husada, Singosari Malang. Rumah sakit ini tergolong baru dan baru diresmikan pada tahun 2010 dan termasuk kedalam Rumah Sakit Umum kelas D. Hal ini dipilih karena peneliti ingin meneliti kualitas jasa yang ada di Rumah Sakit Prima Husada yang jelas berbeda dengan Rumah Sakit Umum yang ada di Kota Malang. Selain itu, masih sedikit orang yang melakukan penelitian di Rumah sakit ini. Penelitian ini dilakukan selama bulan Maret – April 2014. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data selama penelitian adalah kuisioner dengan 70 responden dari pasien rawat inap Rumah Sakit Prima Husada. Lama waktu pengumpulan data adalah selama satu bulan dengan data sampel pasien antara umur 10-65 tahun. Pada proses pengolahan data menggunakan Structural Equation Model-PLS dan SPSS untuk test validity dan reliability. Hasil penelitian menunjukkan adanya hasil yang signifikan dari assurance dan tangible terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan Reliability, Empathy dan Responsiveness tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan dibuktikan dengan nilai dari t-statistic pada variable lebih kecil daripada t-table (1,96). Disamping itu, penelitian ini menunjukkan adanya hasil pengaruh yang signifikan dari kepuasan terhadap WOM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/403/051407154
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Oct 2014 07:20
Last Modified: 21 Oct 2021 03:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107434
[thumbnail of COVER+DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
COVER+DAFTAR_ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Minor_Thesis.pdf]
Preview
Text
Minor_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item