Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Umkm (Studi Pada Cv. Kanthi Harum Surabaya

Pertiwi, Agata Rahmi (2014) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Umkm (Studi Pada Cv. Kanthi Harum Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah ada pengaruh variabel Relationship Marketing yaitu kepercayaan (X2), komitmen (X2), dan komunikasi (X3) terhadap loyalitas (Y) pelanggan pada CV Kanthi Harum. Dua buah hipotesis dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu mengenai apakah ada pengaruh antara variabel independent terhadap variabel dependent secara simultan dan secara parsial. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 110 responden yang merupakan pelanggan CV Kanthi Harum, dimana jumlah tersebut didapatkan dari database pelanggan CV Kanthi Harum. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari variabel independent Relationship Marketing terhadap loyalitas pelanggan sebagai variabel dependent, peneliti menggunakan uji regresi linear berganda dengan SPSS. Berdasarkan hasil analisa regresi dengan menggunakan SPSS, diketahui bahwa Relationship Marketing sebagai variabel independent memberikan pengaruh yang signifikan kepada loyalitas pelanggan sebagai variabel dependent. Dari hipotesis yang sebelumnya telah dirumuskan terbukti bahwa terdapat pengaruh yang simultan dan parsial antara variabel independent terhadap variabel dependent. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan konsep Relationship Marketing, CV Kanthi Harum mampu memperoleh atau meningkatkan loyalitas pelanggan. Selain hasil uji regresi yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel Relationship Marketing dengan Loyalitas pelanggan, hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan yang positif dan kuat antara variabel dependent dengan independent. Hal ini menunjukkan bahwa loyalitas pelanggan memiliki hubungan erat dengan variabel Relationship Marketing. Loyalitas pelanggan yang diperoleh oleh perusahaan tidak jauh

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/31/051401193
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Feb 2014 07:48
Last Modified: 14 Feb 2022 02:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107331
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_fix.pdf]
Preview
Text
BAB_III_fix.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of awal_bab.pdf]
Preview
Text
awal_bab.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_GAMBAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_lampiran.pdf]
Preview
Text
daftar_lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of lampiran.pdf]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item