Keterlekatan Tindakan Ekonomi Transaksi Tunai Oleh Nasabah Bank” Keterlekatan Tindakan Ekonomi Transaksi Tunai Oleh Nasabah Bank (Studi Kasus Pada Bank Bri Cabang Martadinata Malang)

Puspa, ErlindaSeptiana (2014) Keterlekatan Tindakan Ekonomi Transaksi Tunai Oleh Nasabah Bank” Keterlekatan Tindakan Ekonomi Transaksi Tunai Oleh Nasabah Bank (Studi Kasus Pada Bank Bri Cabang Martadinata Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

semakin berkembangnya zaman dari tahun ke tahun, sekarang nasabah bank diberi sebuah pilihan untuk bertransaksi tunai. Bisa melalui teller dan bisa juga melalui mesin. Sehingga mempengaruhi keterlekatan yang ada dalam nasabah bank dengan bank tersebut. Keterlekatan, menurut Granovetter (1985), merupakan tindakan ekonomi yang disituasikan secara sosial dan melekat (embedded) dalam jaringan sosial personal yang sedang berlangsung di antara para aktor (Damsar 2011:139).Dan tindakan ekonomi yang berlangsung tersebut akan terjadi keterlekatan lemah (underembedded) dan keterlekatan kuat (overembedded). Penelitian ini berfokus pada keterlekatan tindakan ekonomi transaksi tunai oleh nasabah bank.Penelitan ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif studi kasus. Responden dalam penelitian ini adalah nasabah bank BRI Cabang Martadinata Malang. Penelitian ini menggunakan angket dengan accidential sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa Keterlekatan tindakan ekonomi transaksi tunai oleh nasabah bank (studi kasus Bank BRI Cabang Martadinata malang) adalah keterlekatan lemah. keterlekatan lemah adalah lemahnya atau kecilnya interaksi yang terjadi dalam individu saat melakukan tindakan ekonomi. Dalam hal ini para nasabah ternyata lebih menyukai bertransaksi melalui mesin ATM daripada melalui teller. Dengan alasan nasabah merasa lebih nyaman. Kemudian tetap merasa aman, lebih cepat dan sangat efisien karena mudah di jangkau kapan saja dan dimana saja.

English Abstract

The development throughout years has given recent bank customers an option for cash transaction. They may choose to have their transaction either served through teller or machine. It influences the embedment of bank customers to the bank. Attribution, according to Granovetter (1985), represents an economic action which is socially situated and embedded into social and personal networks among actors (Damsar, 2011: 139). Economic action may occur in manner of under-embedded and over-embedded. Research is focusing on economic embedment of bank customers in cash transaction. Method of research is descriptive quantitative with case study approach. The respondent includes bank customers of BRI of Malang Martadinata Branch. Data are collected with survey by distributing it to accidental sample. Result of research indicates that the embedment to economic action in cash transaction by bank costumers (case study at BRI of Malang Martadinata Branch) is seemingly low or called as under-embedded. This under-embedded is due to low or small interaction among individuals during their economic action. Customers seem preferring to have their transaction served by teller machine rather than teller person. They feel obtaining more comfort, safe, faster, and very efficient transaction by machine because the machine is affordable at any times and any places.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/304/051405384
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Sep 2014 15:44
Last Modified: 21 Oct 2021 02:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107325
[thumbnail of skripsi_erlinda.pdf]
Preview
Text
skripsi_erlinda.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item