Analisis Faktor Fundamental Dan Teknikal Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2009-2012)

Afrillian, DhonnyYuartha (2014) Analisis Faktor Fundamental Dan Teknikal Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2009-2012). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor fundamental yang diproksikan dengan variabel WCTO, ROE, DER, DPR, Sales Growth, dan pengaruh faktor teknikal yang diproksikan dengan Beta terhadap nilai perusahaan yang dinyatakan dengan PBV. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2009-2012. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan didapat 36 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji pengaruh simultan pada level of significance kurang dari 5%, serta uji standardized coefficients beta untuk mengetahui variabel independen yang berpengaruh paling dominan terhadap variabel dependen. Hasil analisis menunjukan rata-rata masing-masing faktor fundamental WCTO, ROE, DER, DPR, dan Sales Growth, serta Beta berpengaruh secara simultan terhadap rata-rata PBV dengan R2 64,6%. Pengujian secara parsial menunjukan bahwa rata-rata ROE dan rata-rata Sales Growth berpengaruh positif dan signifikan terhadap rata-rata PBV sedangkan rata-rata masing-masing variabel lainnya yaitu WCTO, DER, DPR, dan Beta tidak berpengaruh terhadap rata-rata PBV. Berdasarkan uji standardized coefficients beta, rata-rata ROE berpengaruh dominan terhadap rata-rata PBV diantara variabel independen lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/3/051400406
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Feb 2014 09:09
Last Modified: 21 Oct 2021 02:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107319
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item