Sustainability Reports Comparison Between Pt Holcim Indonesia Tbk And Pt Indocement Tunggal Prakasa Tbk

Firstadea, Evanti (2014) Sustainability Reports Comparison Between Pt Holcim Indonesia Tbk And Pt Indocement Tunggal Prakasa Tbk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui slaporan keberlanjutan PT Holcim Indonesia Tbk dan PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk dan menentukan apakah laporan keberlanjutan tersebut telah sesuai dengan GRI G3.1. Peneliti juga membandingkan laporan keberlanjutan tersebut untuk mengetahui laporan keberlanjutan mana yang lebih sesuai dengan GRI G3.1. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif komparatif untuk menginterpretasikan isi laporan keberlanjutan dari perusahaan tersebut. Analisis pada penelitian ini fokus pada enam indikator, yaitu indikator Ekonomi (EC), indikator Lingkungan (EN), indikator Praktek Tenaga Kerja dan Pekerjaan yang Layak (PR), indikator Hak Asasi Manusia (HR), indikator Masyarakat (SO), dan indikator Tanggung Jawab Produk (PR). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi dan studi literatur. Dengan membandingkan laporan keberlanjutan perusahaan tersebut terhadap pedoman laporan keberlanjutan dari GRI G3.1, ditemukan bahwa PT Holcim Indonesia Tbk telah memenuhi seluruhnya sebesar 24% dari indikator inti dan 28% dari indikator tambahan, dan perusahaan juga telah memenuhi sebagian sebesar 76% dari indikator inti dan 72% dari indikator tambahan. Sementara itu, PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk telah memenuhi seluruhnya sebesar 38% dari indikator inti dan 43% dari indikator tambahan, dan perusahaan juga telah memenuhi sebagian sebesar 62% dari indikator inti dan 57% dari indikator tambahan. Dari hasil tersebut dan dibandingkan dengan syarat tingkat aplikasi menunjukkan bahwa PT Holcim Indonesia mendapatkan nilai C dan PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk mendapatkan nilai B. Penelitian ini menegaskan jika laporan keberlanjutan dari PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk lebih sesuai dengan pedoman GRI G3.1 daripada PT Holcim Indonesia Tbk.

English Abstract

This research are aimed to understand the sustainability reports of PT Holcim Indonesia Tbk and PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk, and to determine whether they are in accordance with GRI G3.1. The researcher also compared the sustainability report of those companies to know which one is more in accordance with GRI G3.1. This research applied Qualitative Comparative Analysis (QCA) to interprete the content of sustainability reports of the companies. This analysis focused on the six indicators, namely Economic indicator (EC), Environmental indicator (EN), Labor Practices and Decent Work indicator (LA), Human Rights indicator (HR), Society indicator (SO), and Product Responsibility indicator (PR). The data collection techniques used in this research are the documentation and literature study. By comparing sustainability reports issued by the companies toward the guidelines issued by GRI, it is found that PT Holcim Indonesia Tbk has fully fulfilled 24% core indicators and 28% additional indicators, and the company has also partially fulfilled 76% core indicators and 72% additional indicators. Meanwhile, PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk has fully fulfilled 38% core indicators and 43% additional indicators, and the company has also partially fulfilled 62% core indicators and 57% additional indicators. From the results compared to the application level requirement, it shows that PT Holcim Indonesia Tbk achieves grade C while PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk achieves grade B. This research confirms that the sustainability report of PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk is more in accordance with GRI G3.1 guidelines than PT Holcim Indonesia Tbk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/251/051404432
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Aug 2014 15:40
Last Modified: 21 Oct 2021 02:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107268
[thumbnail of Evanti_Firstadea__105020307121003_.pdf]
Preview
Text
Evanti_Firstadea__105020307121003_.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item