Minat Individu Terhadap Penggunaan Mobile Banking: Pendekatan Modified Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB)

Mahendra, Thatit (2014) Minat Individu Terhadap Penggunaan Mobile Banking: Pendekatan Modified Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat untuk menggunakan layanan mobile banking. Faktor-faktor yang memengaruhi minat individu untuk menggunakan mobile banking dalam penelitian ini adalah persepsi kegunaan (perceived usefulness), persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use), sikap (attitude), norma subyektif (subjective norm) dan kontrol perilaku persepsian (perceived behavioural control). Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya yang juga menggunakan model kombinasi TAM (Technology Acceptance Model) dan TPB (Theory of Planned Behavior). Penelitian ini dilakukan di Bank Mandiri Kota Malang dengan menggunakan metode survei. Peneliti memperoleh respon sebanyak 217 orang nasabah Bank Mandiri yang menggunakan layanan mobile banking. Analisis dilakukan dengan menggunakan Software Smart PLS versi 2.0 M3. F Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi kegunaan, sikap, dan kontrol perilaku persepsian memengaruhi minat individu menggunakan mobile banking. Sebaliknya, persepsi kemudahan penggunaan dan norma subjektif tidak memengaruhi minat individu untuk menggunakan mobile banking. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak managemen bank dan analis mobile banking agar memperhatikan kembali faktor – faktor yang memengaruhi minat individu untuk menggunakan mobile banking dalam mengembangkan system informasinya.

English Abstract

This research aims to examine the factors which affect the intention to use the mobile banking service. The factors which influenced individual’s intention to use the mobile banking service in the research are perceived usefulness, perceived ease of use, attitude, subjective norm and perceived behavioural control. The combination model of TAM (Technology Acceptance Model) and TPB (Theory of Planned Behavior) is also used in this research. The research was done in Bank Mandiri Kota Malang trough the survey method. The researcher gained responds of 217 customers of Bank Mandiri who are using the mobile banking service. Furthermore, the analysis was done by using the Software Smart PLS version 2.0 M3. The result of the research shows that construct of perceived usefulness, attitude, and perceived behavioral control influenced the individual’s intention for using the mobile banking service. Otherwise, the construct of perceived ease of use and subjective norm do not affect any influence for using the mobile banking service. The implication of this research is relevant to the bank management and the mobile banking analyst in order to carefully examine more of the factors that affecting the individual’s intention to use the mobile banking in expanding the information system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/239/051403996
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 17 Jul 2014 10:10
Last Modified: 25 Nov 2021 05:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107255
[thumbnail of SKRIPSI_THATIT_MAHENDRA_2014.pdf] Text
SKRIPSI_THATIT_MAHENDRA_2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item