The Impact of Computer Anxiety, Personal Innovativeness in Information Technology, and Computer Experience on Computer Self-Efficacy

Suwardi, Bentarani (2014) The Impact of Computer Anxiety, Personal Innovativeness in Information Technology, and Computer Experience on Computer Self-Efficacy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan variabel kecemasan komputer, inovasi pribadi dalam teknologi informasi, dan pengalaman komputer pada self-efficacy komputer, efeknya dari kursus sistem informasi akuntansi tentang perilaku mahasiswa akuntansi, dalam domain teknologi informasi dan manfaatnya kepada pengguna melalui sudut pandang humanistik dalam ciri-ciri kepribadian berdasarkan teori kognitif sosial. Instrumen penelitian kuantitatif digunakan dengan data primer yang direplikasi dari penelitian sebelumnya. Konstruksi pengukuran adalah: (1) self-efficacy (CSE) dengan skala likert 1 hingga 10 dan 10-item indikator, (2) kecemasan komputer (Anx) dengan skala Likert 1 hingga 7 dan 4-item indikator , (3) inovasi pribadi dalam teknologi informasi (PIT) dengan skala Likert 1 hingga 7 dan 3- item indikator, (4) pengalaman komputer (CEX) dengan skala Likert 1 hingga 7 dan 4- item indikator, dan ( 5) Data demografis seperti gender, usia, nilai rata-rata kinerja (IPK) dan sistem informasi akuntansi (AIS). Responden adalah 116 siswa dengan karakteristik: 71% perempuan, 77% telah menyelesaikan kelas AIS, IPK 95% & GT. 3,00 dan 42% & gt. 3.50. Survei melalui kuesioner adalah terhadap 302 siswa akuntansi di akhir kelas, yang dikumpulkan selama satu bulan. Hasil penelitian data penelitian dan pengujian hipotesis menggunakan pemodelan persamaan struktural (SEM) berdasarkan kuadrat terkecil parsial (PLS) dan paket statistik ilmu sosial (SPSS) menunjukkan bahwa: Pertama, pengukuran model evaluasi, (1) validitas konvergen dari semua indikator dari konstruk, nilai pemuatan faktor antara 0,744-0,906 atau & gt. 0,70 semua indikator valid. (2) validitas diskriminan dari nilai varians rata-rata diekstraksi (AVE) konstruk cse = 0,692, anx = 0,736, pit = 0,690, cex = 0,791, semua konstruksi & gt. 0.50 dan cross loading construct block & gt. blok dan kotak akar lainnya Ave antara 0,831-0,889 & gt. Korelasi antara konstruk dan nilai konstruk lainnya antara 0,374-0,610, jadi itu valid. dan (3) keandalan keandalan komposit untuk membangun CSE = 0,957, Anx = 0,918, pit = 0,970, dan cex = 0,938, jadi semua konstruksi & gt. 0,70 yang berarti dapat diandalkan, sehingga evaluasi pengukuran model valid dan dapat diandalkan. Kedua, evaluasi model struktural, (1) kecemasan secara signifikan memberikan efek negatif terhadap CSE, (2) PIT secara signifikan memberikan efek positif terhadap CSE, (3) Pit secara signifikan memberikan efek negatif pada kecemasan, (4) CEP tidak signifikan untuk CSE, (5) CEX secara signifikan memberikan efek negatif pada kecemasan. Efek kecemasan, lubang dan cex ke CSE dalam penentuan koefisien R2 adalah 0,494 (49,4%), sedangkan efek lubang dan cex terhadap kecemasan memiliki penentu koefisien dalam R2 adalah 0,341 (34,1%). Ketiga, tes menggunakan SPSS Ver.20 Anx perbedaan berbasis gender dalam tingkat siswa akuntansi menunjukkan bahwa tingkat rata-rata kecemasan berbeda secara signifikan, dengan perempuan memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi daripada pria. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kecemasan komputer (kecemasan) secara langsung memberikan efek negatif terhadap self-efficacy (CSE) komputer, dan inovasi pribadi dalam teknologi informasi (PIT) secara langsung memberikan efek positif terhadap efisiensi komputer (CSE), dan inovatif pribadi di dalamnya (Pit) dan pengalaman komputer (CEX) secara langsung memberikan efek negatif pada kecemasan komputer (kecemasan), dan kecemasan komputer (kecemasan) tingkat rata-rata perempuan lebih tinggi daripada pria.

English Abstract

The study aims to analyze the relationship of variables computer anxiety, personal innovativeness in information technology, and computer experience on computer self-efficacy, their effects of accounting information system course on the behavior of accounting students, in the domain of information technology and the benefits to the users through humanistic viewpoint in personality traits based on social cognitive theory. Quantitative research instrument is used with the primary data replicated from previous studies. The measurement constructs are : (1) computer self-efficacy (CSE) with a Likert scale of 1 to 10 and 10-item indicators, (2) computer anxiety (ANX) with a Likert scale of 1 to 7 and 4-item indicators, (3) personal innovativeness in information technology (PIT) with a Likert scale of 1 to 7 and 3- item indicators, (4) computer experience (CEX) with a Likert scale of 1 to 7 and 4- item indicators, and (5) demographic data such as gender, age, grade performance average (GPA) and accounting information system (AIS) class. The respondents are 116 students with the characteristics of : 71% female, 77% has completed AIS classes, GPA of 95% > 3.00 and 42% > 3.50. Survey through questionnaires is toward 302 accounting students at the end of the class, which are collected for one month. The results of the research data and hypothesis testing using structural equation modeling (SEM) based on partial least squares (PLS) and social science statistical package (SPSS) shows that : First, the evaluation model measurement, (1) convergent validity of all indicators of the construct, the value of loading factors between 0.744–0.906 or > 0.70 all indicators valid; (2) discriminant validity of the value of average variance extracted (AVE) construct CSE=0.692, ANX=0.736, PIT=0.690, CEX=0.791, all constructs > 0.50 and cross loadings construct block > other block and root squares AVE between 0.831–0.889 > correlations between the construct and other constructs value between 0.374–0.610, so it is valid; and (3) the reliability of composite reliability to construct CSE=0.957, ANX=0.918, PIT=0.970, and CEX=0.938, so all constructs > 0.70 which means reliable, so the model measurement evaluation is valid and reliable. Second, the evaluation of the structural models, (1) ANX significantly gives negative effect to CSE, (2) PIT significantly gives positive effect to CSE, (3) PIT significantly gives negative effect to ANX, (4) CEX is not significant to CSE, (5) CEX significantly gives negative effect to ANX. The effect of ANX, PIT and CEX to CSE in determination of coefficient R2 is 0.494 (49.4%), while the effect of PIT and CEX to ANX has determinant of coefficient in R2 is 0.341 (34.1%). Third, the test using SPSS ver.20 ANX gender-based differences in the level of accounting students shows that the average level of ANX is significantly different, with female has higher levels of ANX than male. Thus, it can be concluded that computer anxiety (ANX) directly gives negative effect to computer self-efficacy (CSE), and personal innovativeness in information technology (PIT) directly gives positive effect to computer selfefficacy (CSE), and personal innovativeness in IT (PIT) and computer experience (CEX) directly give negative effects to computer anxiety (ANX), and computer anxiety (ANX) average level of female is higher than of male.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/226/051403905
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Sep 2014 13:38
Last Modified: 21 Oct 2021 01:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107241
[thumbnail of BentaraniSuwardi_full_minorthesis_the_impact_of_anx,_pit,_and_cex_on_cse.cracked.pdf]
Preview
Text
BentaraniSuwardi_full_minorthesis_the_impact_of_anx,_pit,_and_cex_on_cse.cracked.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item