Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Dan Pertumbuhan Aktiva Terhadap Kebijakan Hutang Jangka Panjang (Studi Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei Periode 2008-2011)

Purnaningrum, Iudiarti (2014) Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Dan Pertumbuhan Aktiva Terhadap Kebijakan Hutang Jangka Panjang (Studi Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bei Periode 2008-2011). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemilihan sumber pendanaan merupakan keputusan penting yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan. Salah satu sumber pendanaan yang dapat dipilih adalah hutang jangka panjang. Dalam memutuskan kebijakan hutang jangka panjang, perusahaan harus mempertimbangkanya dengan tepat. Pada tahun 2011 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI, meningkatkan penggunaan hutang jangka panjang. Apabila dikaitkan dengan teori struktur modal maka perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh profitabilitas, struktur aktiva, dan pertumbuhan aktiva terhadap kebijakan hutang jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profitabilitas, struktur aktiva, dan pertumbuhan aktiva terhadap kebijakan hutang jangka panjang pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2008-2011. Populasi pada penelitian berjumlah 12 perusahaan. Sampel penelitian yang digunakan adalah seluruh populasi. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Analisis diawali dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji autokorelasi, uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Setelah itu dilakukan uji F untuk mengetahui pengaruh secara simultan, uji t untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan uji dominan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan. Hasil dari analisis uji F menunjukkan bahwa secara simultan profitabilitas, struktur aktiva dan pertumbuhan aktiva berpengaruh terhadap kebijakan hutang jangka panjang. Analisis uji t menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan negatif dengan hutang jangka panjang. Sedangkan struktur aktiva dan pertumbuhan aktiva berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan positif dengan hutang jangka panjang. Hasil uji dominan menunjukkan profitabilitas berpengaruh dominan terhadap kebijakan hutang jangka panjang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/190/051403227
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 16 Jun 2014 14:59
Last Modified: 21 Oct 2021 01:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107201
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item