Hidayati, NurulAzmi (2014) Pengaruh Sikap, Kontrol Perilaku Persepsian, Pengalaman dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Internet Banking. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan layanan internet banking dengan menggunakan model The Theory Planned Behavior (TPB) yang diajukan oleh Ajzen (1991) sebagai model pengembangan dari Arini (2010) dan Kesharwani dan Bisht (2011). Penelitian ini dilakukan di Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini memperoleh respon sebanyak 215 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya yang minimal pernah melakukan transaksi melalui internet banking. Peneliti menggunakan software Smart PLS versi 2.0 untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa sikap, kontrol perilaku persepsian, dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat menggunakan internet banking. Sebaliknya, pengalaman tidak memiliki pengaruh terhadap minat menggunakan internet banking. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan internet banking dipengaruhi oleh sikap, kontrol perilaku persepsian, dan kepercayaan. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu sektor bisnis online untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan internet banking. Selain itu, berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa aspek psikologi juga berperan dalam pengaplikasian dan perkembangan sistem teknologi informasi.
English Abstract
The objectives of this research to examine some factors that influence intention internet banking by using The Theory Planned Behavior (TPB) framework proposed by Ajzen (1991) as a development of the model used by Arini (2010) and Kesharwani and Bisht (2011). The research was conducted at the Faculty of Economics and Business Brawijaya University by using the survey method. Researcher get 215 respondents which is students of Accounting Major who had conducted internet banking. The data was analyzed by using Smart Partial Least Square (PLS) version 2.0 software. The analysis results of this research indicate that the attitude, perceived behavioral control, and trust are influence intention to use internet banking. Otherwise, experience does not influence intention to use internet banking. This means that the intention in using internet banking is influenced by attitude, perceived behavioral control, and trust. Implications of this research are expected to assist online bussiness sector to take notice factors that affect intention to use internet banking. Beside that, from this research we can know that psychology aspect have part in implication and development of Information system technology.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2014/182/051403080 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 09 Jun 2014 15:05 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107192 |
![]() |
Text
SKRIPSI_NURUL_AZMI_HIDAYATI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |