“Pengaruh Persepsi Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Kota Cirebon Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening”

Setiawan, FaisalIndra (2014) “Pengaruh Persepsi Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Kota Cirebon Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pentingnya loyalitas nasabah untuk Bank Mumalaat di kota Cirebon baik itu secara materi ataupun untuk kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini dilakukan di kota Cirebon karena mayoritas masyarakat kota Cirebon yang beragama Islam berjumlah 330.484 dari jumlah penduduk kota Cirebon yang berjumlah 359.516 jiwa. Selain itu faktor sejarah menjadikan kota Cirebon menjadi daerah yang kental dengan suasana Islam, karena Cirebon pada dahulu kala, tumbuh menjadi pusat penyebaran Islam di Jawa Barat. Alasan pengambilan Bank Muamalat sebagai objek penelitian dikarenakan Bank Muamalat sering melakukan kerja sama dengan Majelis Ulama Indoneseia (MUI), Bank Muamalat merupakan bank murni syariah pertama yang hadir di Indonesia dengan diprakasai oleh Majelis Ulama Indonesia, dan Bank Muamalat tergolong bank Islam yang cepat perkembangannya, hal ini dapat terlihat dari banyaknya berbagai fasilitas dan kantor Bank Muamalat yang ada di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran kepuasan konsumen dalam memediasi hubungan antara persepsi religiusitas dan loyalitas konsumen. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat kota Cirebon. Sampel diambil dengan teknik conveniece sampling yaitu didasarkan pada kemudahan. Pengolahan serta pengujian data menggunakan software Statistical Product and Service Solution versi 20. Dari hasil analisis regresi berganda diketahui bahwa secara simultan persepsi religiusitas dan kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Secara parsial persepsi religiusitas berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dan kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Dikarenakan tidak adanya pengaruh yang terjadi antara persepsi religiusitas terhadap kepuasan nasabah, sehingga peran kepuasan nasabah tidak memediasi hubungan antara persepsi religiusitas dengan loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/177/051403075
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Jun 2014 14:06
Last Modified: 21 Oct 2021 01:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107186
[thumbnail of Lampiran_statistik.pdf]
Preview
Text
Lampiran_statistik.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_fix!!!!!!!parsial_NEW!!.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_fix!!!!!!!parsial_NEW!!.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_pengantar_dan_Daftar_Isi_baru.pdf]
Preview
Text
Kata_pengantar_dan_Daftar_Isi_baru.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_fix!!!_parsial.pdf]
Preview
Text
BAB_II_fix!!!_parsial.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_fix_parsial.pdf]
Preview
Text
BAB_I_fix_parsial.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_fix_baru!!.pdf]
Preview
Text
BAB_III_fix_baru!!.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_fixparsial.pdf]
Preview
Text
BAB_V_fixparsial.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item