Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, Profitabilitas, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Arini, Farida (2014) Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, Profitabilitas, dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel yang mempengaruhi struktur modal yang terdiri dari variabel likuiditas yang diukur dengan current ratio, variabel ukuran perusahaan yang diukur dengan debt to eqity ratio, variabel struktur aktiva yang diukur dengan membandingkan aset tetap dengan total aset, variabel profitabilitas yang diukur dengan return on asset, dan variabel pertumbuhan penjualan yang diukur dengan sales growth terhadap struktur modal pada perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007-2012. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kelima variabel tersebut terhadap struktur modal menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan pendekatan kuantitatif. Sesuai dengan tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menyelidiki seberapa besar pengaruh likuiditas, ukuran perusahaan, struktur aktiva, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal. Penelitian ini menggunakan 30 sampel dari populasi perusahaan yang masuk dalam kategori Pertambangan. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan melakukan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Untuk menghindari bias dalam hasil dilakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa veriabel pertumbuhan penjualan mempunyai pengaruh positif dan signifikan, variabel likuiditas, ukuran perusahaan, dan profitabilitas mempunyai pengaruh signifikan dengan arah negatif, sedangkan variabel struktur aktiva mempunyai pengaruh yang positif tidak signifikan. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap struktur modal adalah variabel profitabilitas dengan nilai beta standardized koefisien tertinggi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada empat variabel yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal yaitu variabel likuiditas, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan. Sedangkan variabel profitabilitas mempunyai pengaruh yang dominan terhadap struktur modal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/176/051403074
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Jun 2014 14:00
Last Modified: 09 Jun 2014 14:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107185
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item