Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yan’s Keramik Dinoyo Malang

Putri, ShelaPijarAnugrah (2014) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yan’s Keramik Dinoyo Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keputusan pembelian konsumen atas suatu produk mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu. Atribut produk yang terdiri dari kualitas produk, fitur produk, dan desain produk merupakan elemen yang berfungsi untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk yang ditawarkan oleh produsen. Pengambilan keputusan adalah suatu proses penilaian dan pemilihan dari berbagai alternatif sesuai dengan kepentingan-kepentingan tertentu dengan menetapkan suatu pilihan yang dianggap paling menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dari kualitas produk, fitur produk, dan desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen Yan’s keramik dinoyo di kota Malang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 40 orang responden yang merupakan konsumen dari Yan’s keramik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan fitur produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan variabel desain produk adalah satu-satunya variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan analisis tersebut, saran yang dapat diberikan yaitu produsen harus meningkatkan kualitas produk dan fitur produk, karena dengan meningkatkan kedua atribut tersebut tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang atribut ini juga akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

English Abstract

Consumer purchase decisions on products has a few certain considerations. Product attributes consist of product quality, product features, and product design is an element which serves to influence the purchase decisions of consumers to a product offered by the manufacturer . Decision making is a process of assessment and selection of alternatives according to the particular interests by setting an option that is considered to be the most profitable . This study aims to find the influence of product quality , product features , and product design to consumer purchasing decisions Yan s ceramic Dinoyo in Malang. Sampling technique that used in this study was purposive sampling and obtained a sample of 40 respondents who are consumers of Yan s ceramics . Data analysis was performed by using the classical assumption and hypothesis testing using multiple linear regression analysis . The results of this study indicate that product quality variable and product features are not significantly influence to consumer purchase decisions . While the product design variable is the only variable that significantly influence the consumer purchase decisions. Based on this analysis , suggestions that can be given to manufacturers are should improve the product quality and product features. Due to the increase both of these attributes it might be can increase consumer purchase decisions in the future.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/159/051402801
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 May 2014 11:16
Last Modified: 20 Oct 2021 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107166
[thumbnail of 3._RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
3._RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 15._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
5._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._cover.pdf]
Preview
Text
1._cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._DAFTAR_GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7._DAFTAR_GAMBAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_II.pdf]
Preview
Text
10._BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_I.pdf]
Preview
Text
9._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
8._ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._Kerangka_Pikir.pdf]
Preview
Text
11._Kerangka_Pikir.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
6._DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._BAB_III.pdf]
Preview
Text
12._BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
13._BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 14._BAB_V.pdf]
Preview
Text
14._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item