“Pengaruh Implementasi Program Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Qwl (Quality Of Work Life) Karyawan Bagian Produksi Perusahaan Multinasional Pengolah Tembaga Di Gresik

Firmansyah, AzrizalDhana (2014) “Pengaruh Implementasi Program Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Qwl (Quality Of Work Life) Karyawan Bagian Produksi Perusahaan Multinasional Pengolah Tembaga Di Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumberdaya Manusia Merupakan Salah Satu Aspek Penting Didalam Suatu Orgasnisasi/Perusahaan. Perusahaan Yang Menjadi Naungan Wajib Memberikan Perlindungan Kepada Karyawan Baik Dari Segi Fisik Maupun Psikis. Salah Satu Cara Yang Dapat Dilakukan Perusahaan Adalah Dengan Menerapkan Program Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Kepada Para Karyawan, Mengingat Angka Kecelakaan Kerja Terbilang Masih Cukup Tinggi. Dengan Penerapan Program K3 Yang Tepat Akan Meningkatkan Quality Of Work Life (Qwl) Para Karyawan. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Implementasi Program K3 Terhadap Qwl Karyawan Bagian Produksi Baik Secara Simultan Maupun Parsial. Penelitian Ini Menggunakan 74 Responden Sebagai Sampel. Responden Merupakan Karyawan Bagian Produksi Perusahaan Multinasional Pengolah Tembaga. Penentuan Jumlah Sampel Didasarkan Pada Rumus Slovin Dengan Tingkat Kesalahan 10%. Sedangkan, Teknik Sampel Yang Digunakan Adalah Simple Random Sampling . Adapun Metodologi Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini, Meliputi: Pengujian Instrumen Penelitian (Uji Validitas Dan Reliabilitas), Pengujian Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Dan Uji Heterokedastisitas), Analisis Regresi Linier Berganda, Dan Pengujian Hipotesis (Uji-F Dan Uji-T). Hasil Dari Penelitian Ini Membuktikan Bahwa Instrumen Penelitian Dinyatakan Valid Dan Reliabel. Artinya, Kuesioner Yang Digunakan Pada Penelitian Ini Mampu Untuk Mengungkapkan Sesuatu Yang Akan Diukur Dan Pernyataan Konsisten Atau Stabil Dari Waktu Ke Waktu. Pada Uji Hipotesis, Kesehatan Kerja (X1) Dan Keselamatan Kerja (X2) Berpengaruh Secara Simultan Maupun Parsial Terhadap Qwl Yang Berarti Bahwa Peningkatan Pada Program Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Yang Diterapkan Perusahaan Dapat Meningkatkan Quality Of Work Life (Qwl) Karyawan Bagian Produksi. Sebaliknya, Apabila Program Kesehatan Mengalami Penurunan, Maka Tingkat Qwl Karyawan Juga Akan Menurun Atau Berbanding Lurus (Searah).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/15/051400621
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Feb 2014 15:13
Last Modified: 20 Oct 2021 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107157
[thumbnail of Skripsi_Lengkap.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Lengkap.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item