Penerapan Prinsip-Prinsip Etika Dalam Pelaksanaan Audit Internal Mutu: Studi Dramaturgi Pada Unit Kegiatan Pelaksana Akademik

Hilmi, RijalZul (2014) Penerapan Prinsip-Prinsip Etika Dalam Pelaksanaan Audit Internal Mutu: Studi Dramaturgi Pada Unit Kegiatan Pelaksana Akademik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya penyimpangan perilaku etis dalam organisasi publik dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat, disebabkan minimnya penerapan prinsip-prinsip etika profesi yang diimplementasikan dalam aktivitas operasionalnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan audit internal mutu yang dipercaya merupakan salah satu cara dalam penerapan prinsip-prinsip etika dalam suatu organisasi benar-benar dapat mewujudkan fungsinya secara utuh. Penelitian ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi peneliti. Oleh karena kompleksitas pengungkapannya maka dramaturgi digunakan sebagai metodologi, dengan analisis masalah berdasarkan perspektif kode etik konvensional dan perspektif etika agama Islam. Untuk mengetahui terkait etika profesi yang diterapkan, maka penelitian ini akan berfokus pada analisis impression management yang dilakukan oleh para aktor. Hasil pengungkapan penelitian ini mengindikasikan bahwa pelaksanaan audit internal mutu sudah mampu untuk menerapkan prinsip-prinsip etika profesi yang berlaku meskipun masih terdapat kekurangan dalam beberapa aspek, serta kurangnya kesesuaian dengan etika menurut agama Islam. Dengan adanya kekurangan tersebut, maka diajukan sebuah pemikiran untuk lebih meningkatkan kesadaran hati dan pikiran dari kedua pihak baik auditor maupun auditi dalam pelaksanaan audit internal mutu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2014/135/051402567
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 30 Apr 2014 15:08
Last Modified: 20 Oct 2021 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107142
[thumbnail of Cover_sd_Abstrak.pdf]
Preview
Text
Cover_sd_Abstrak.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item