Analisa Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian HP Samsung Galaxy (Studi Terhadap Mahasiswa SI Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Pribadi, MohYanuarBudi (2013) Analisa Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian HP Samsung Galaxy (Studi Terhadap Mahasiswa SI Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui bagaimana pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian HP Samsung Galaxy baik secara simultan maupun parsial, serta menganalisa dan mengetahui variabel manakah yang paling dominan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan terhadap Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Metode penelitian yang dilakukan adalah explanatory research (penelitian penjelasan) yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang disebarkan kepada responden dengan sampel sebanyak 93 orang responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling . Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F dan t. Untuk menganalisis data digunakan uji regresi linear berganda dan diperkuat dengan uji asumsi klasik yang berupa uji normalitas, uji mulitikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil uji F terhadap keempat variabel penelitian yaitu faktor mutu (X 1 ), faktor merek (X 2 ), faktor kemasan (X 3 ), dan faktor label (X 4 ) menunjukkan bahwa kelima variabel tersebut secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian pada HP Samsung Galaxy. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel faktor mutu (X 1 ), faktor merek (X 2 ), dan faktor kemasan (X 3 ) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian HP Samsung Galaxy, sedangkan faktor label (X 4 ) secara parsial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian HP Samsung Galaxy. Dan dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel mutu (X 1 ) mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian HP Samsung Galaxy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/74/051302963
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 May 2013 14:26
Last Modified: 18 Oct 2021 12:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107072
[thumbnail of 051302963.pdf] Text
051302963.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item