Purwaningtyas, SilvanaPraditya (2013) Pengaruh Nilai dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan Toyota Liek Motor Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan di dunia bisnis terutama di dunia otomotif. Toyota Liek Motor Mojokerto terus berupaya untuk mempertahankan pelanggan karena pelanggan merupakan aset besar perusahaan. Untuk mempertahankan pelanggan tersebut dapat dilakukan dengan memperhatikan nilai dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research sesuai dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel nilai dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan Toyota Liek Motor Mojokerto serta variabel manakah diantara nilai dan kepuasan yang lebih mempengaruhi secara dominan terhadap loyalitas pelanggan. Populasi pelanggan Toyota Liek Motor Mojokerto dari bulan Agustus-Oktober 2012 berjumlah 232 orang dan diperoleh sampel sebanyak 70 responden dengan menggunakan teknik sampling purposive atau teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu misalnya dengan mengambil kebijakan sampel yang di ambil adalah pelanggan yang melakukan pembelian di Toyota Liek Motor Mojokerto. Uji yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, sedangkan untuk analisis regresi berganda menggunakan uji F dan uji T. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa variabel nilai dan kepuasan memiliki pengaruh yang simultan maupun parsial terhadap loyalitas pelanggan. Variabel nilai (X1) dan variabel kepuasan (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas dengan signifikansi 0,000 dengan koefisien R² sebesar 0,642 (64,2%). Secara parsial, variabel nilai (X1) dan variabel kepuasan (X2) menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 0,267 dan 0,586. Variabel kepuasan memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap loyalitas pelanggan dengan standardized coefficients beta sebesar 0,568. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kedua variabel bebas yaitu nilai dan kepuasan memiliki pengaruh yang simultan maupun parsial. Variabel kepuasan (X2) merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan Toyota Liek Motor Mojokerto.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2013/72/051302961 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 13 May 2013 11:45 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 12:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107070 |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR_ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
COVER_SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT_HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB_3_revisi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB_5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
Kata_Pengantar.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |