Pengaruh Nilai dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan Toyota Liek Motor Mojokerto.

Purwaningtyas, SilvanaPraditya (2013) Pengaruh Nilai dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan Toyota Liek Motor Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan di dunia bisnis terutama di dunia otomotif. Toyota Liek Motor Mojokerto terus berupaya untuk mempertahankan pelanggan karena pelanggan merupakan aset besar perusahaan. Untuk mempertahankan pelanggan tersebut dapat dilakukan dengan memperhatikan nilai dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research sesuai dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel nilai dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan Toyota Liek Motor Mojokerto serta variabel manakah diantara nilai dan kepuasan yang lebih mempengaruhi secara dominan terhadap loyalitas pelanggan. Populasi pelanggan Toyota Liek Motor Mojokerto dari bulan Agustus-Oktober 2012 berjumlah 232 orang dan diperoleh sampel sebanyak 70 responden dengan menggunakan teknik sampling purposive atau teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu misalnya dengan mengambil kebijakan sampel yang di ambil adalah pelanggan yang melakukan pembelian di Toyota Liek Motor Mojokerto. Uji yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, sedangkan untuk analisis regresi berganda menggunakan uji F dan uji T. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa variabel nilai dan kepuasan memiliki pengaruh yang simultan maupun parsial terhadap loyalitas pelanggan. Variabel nilai (X1) dan variabel kepuasan (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas dengan signifikansi 0,000 dengan koefisien R² sebesar 0,642 (64,2%). Secara parsial, variabel nilai (X1) dan variabel kepuasan (X2) menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 0,267 dan 0,586. Variabel kepuasan memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap loyalitas pelanggan dengan standardized coefficients beta sebesar 0,568. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kedua variabel bebas yaitu nilai dan kepuasan memiliki pengaruh yang simultan maupun parsial. Variabel kepuasan (X2) merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan Toyota Liek Motor Mojokerto.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/72/051302961
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 May 2013 11:45
Last Modified: 18 Oct 2021 12:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107070
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf] Text
DAFTAR_ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_1.pdf] Text
BAB_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf] Text
COVER_SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of RIWAYAT_HIDUP.pdf] Text
RIWAYAT_HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_2.pdf] Text
BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_3_revisi.pdf] Text
BAB_3_revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_5.pdf] Text
BAB_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_4.pdf] Text
BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf] Text
Kata_Pengantar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item