Pengaruh Bulan Perdagangan Terhadap Return Saham : Pengujian January Effect Di Indeks Harga Saham Liquidity 45 (Studi Pada Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang Keuangan Perbankan Yang Tercatat Di Lq45 S

Mardhiyah, Siti (2014) Pengaruh Bulan Perdagangan Terhadap Return Saham : Pengujian January Effect Di Indeks Harga Saham Liquidity 45 (Studi Pada Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang Keuangan Perbankan Yang Tercatat Di Lq45 S. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Investor perlu mengetahui adanya informasi dan faktor-faktor lain yang selalu berubah setiap detiknya untuk membuat sebuah keputusan tentang saham yang dimiliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh bulan perdagangan terhadap return saham perbankan di LQ45 dan aktif selama periode 2004-2012. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa adanya kecenderungan return yang selalu positif saat bulan Januari (January Effect). Tetapi beberapa penelitian mengemukakan bahwa January Effect hanya terjadi pada saham-saham tertentu dan pada negara-negara tertentu.Metode penelitian untuk mengetahui adanya kecenderungan return positif setiap bulan Januari menggunakan analisis deskriptif. Analisis deskriptif menggambarkan rata-rata return saham. Dilanjutkan dengan proses pengujian menggunakan uji Homogenitas, uji Normalitas, dan Uji Kruskal Wallis.Uji Normalitas menunjukkan bahwa data yang diambil sebagai sampel mempunyai distribusi data yang tidak normal, sehingga untuk uji hipotesis harus menggunakan uji non parametrik.Hasil uji hipotesis menggunakan uji Kruskal Wallis menunjukkan bahwa ada perbedaan return pada bulan Januari dengan bulan lainnya tetapi tidak signifikan dan tidak mengindikasikan adanya fenomena January Effect.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/594/051401252
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Feb 2014 10:34
Last Modified: 19 Oct 2021 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107013
[thumbnail of SKRIPSI_SITI_MARDHIYAH.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_SITI_MARDHIYAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item