Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Pembelajar Bahasa Prancis Sejak di SMA dan Mahasiswa Pembelajar Pemula di Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis Universitas Brawijaya.

Azizah, Siti Nafiatul (2017) Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Pembelajar Bahasa Prancis Sejak di SMA dan Mahasiswa Pembelajar Pemula di Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mahasiswa baru program studi Bahasa dan Sastra Prancis Universitas Brawijaya datang dari berbagai latar belakang. Salah satunya adalah latar belakang pembelajaran Bahasa Prancis di SMA. Beberapa mahasiswa baru sudah pernah belajar Bahasa Prancis sejak di SMA dan beberapa mahasiswa belum pernah belajar Bahasa Prancis sebelumnya. Para mahasiswa tersebut memulai perkuliahan dari awal dengan porsi yang sama. Untuk itu, dengan penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui (1) motivasi dan hasil belajar mahasiswa pembelajar Bahasa Prancis sejak di SMA dan mahasiswa pembelajar pemula, (2) mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi perbedaan motivasi dan hasil belajar mahasiswa pembelajar Bahasa Prancis sejak di SMA dan mahasiswa pembelajar pemula. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan datadata dengan jelas dan sistematis. Penelitian deskriptif dilakukan, karena penelitia ini bertujuan untuk menganalisis motivasi dan hasil belajar yang dimiliki oleh subyek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya beberapa temuan, antara lain: subyek kelompok X (kelompok mahasiswa pembelajar Bahasa Prancis sejak di SMA) memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi daripada subyek kelompok Y (kelompok mahasiswa pembelajar pemula, hasil belajar mahasiswa kelompok X juga lebih tinggi daripada hasil belajar mahasiswa kelompok Y. Selain itu, ada beberapa faktor yang juga mungkin turut mempengaruhi perbedaan motivasi dan hasil belajar tersebut. Faktor-faktor tersebut antara lain: alasan memilih program studi, minat belajar bahasa Prancis, tingkat kepercayaan diri, pengaruh orang lain pada saat memilih program studi, dan cara belajar diluar pembelajaran kelas. Untuk itu, peneliti menyarankan agar para pembelajar bahasa kedua dapat meningkatkan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran bahasa kedua tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/233/051704608
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, motivasi, mahasiswa pembelajar Bahasa Prancis sejak di SMA, mahasiswa pembelajar pemula
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Philosophy and theory, education for specific objectives, educational psychology > 370.15 Educational psychology > 370.154 Motivation to learn
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Jul 2017 02:56
Last Modified: 06 Oct 2020 03:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/107
[thumbnail of Siti Nafiatul Azizah.pdf] Text
Siti Nafiatul Azizah.pdf

Download (789kB)

Actions (login required)

View Item View Item