Pengaruh Partisipasi Angaran, Informasi Asimetris, Budget Emphasis Dan, Komitmen Organisasi Terhadap Slack Anggaran Pada Pemerintah Kota Pasuruan

Jaya, MFaruqDwi (2013) Pengaruh Partisipasi Angaran, Informasi Asimetris, Budget Emphasis Dan, Komitmen Organisasi Terhadap Slack Anggaran Pada Pemerintah Kota Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menjelaskan pengaruh partisipasi anggaran, informasi asimetris, budget emphasis dan komitmen organisasi terhadap timbulnya slack anggaran pada Pemerintah Kota Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh partisipasi anggaran, informasi asimetris, budget emphasis dan komitmen organisasi terhadap timbulnya slack anggaran. Dalam penelitian ini, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 125 orang yang terdiri dari pejabat Satuan Kerja Pemerintah Daerah pada Lembaga Teknis Daerah dan Dinas Daerah yang terlibat dalam penyusunan anggaran pada masing-masing dinas, badan maupun kantor di Pemerintah Kota Pasuruan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung dan survei yang diperoleh dengan cara pembagian kuesioner kepada para responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dan diuji dengan uji-F dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi anggaran, informasi asimetris, budget emphasis dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap slack anggaran. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis statistik dengan nilai R square sebesar 0,438, artinya 43,8% variabel partisipasi anggaran, informasi asimetris, budget emphasis dan komitmen organisasi mempengaruhi slack anggaran. Uji-F dan uji-t menunjukkan hasil positif atau berbanding lurus, maka bila partisipasi anggaran, informasi asimetris, budget emphasis dan komitmen organisasi naik, slack anggaran akan naik pula.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/55/051303016
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Apr 2013 15:09
Last Modified: 19 Oct 2021 07:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106971
[thumbnail of 051303016.pdf]
Preview
Text
051303016.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item