Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Menggunakan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) Studi pada Perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Perio

Rosihana, AthiyDina (2013) Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Menggunakan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) Studi pada Perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Perio. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di BEI periode 2007-2011. Mengingat persaingan di dunia usaha semakin lama semakin ketat sehingga penilaian kinerja perusahaan menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) untuk mengetahui kinerja keuangan PT.Telkomsel Tbk dan PT. Indosat Tbk. Penelitian ini dilakukan dalam kurun waktu lima tahun yaitu selama tahun 2007-2011 pada PT. Telkomsel Tbk dan PT. Indosat Tbk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai positif pada kedua indikator penilaian kinerja keuangan perusahaan. Nilai EVA positif menunjukkan bahwa perusahaan mampu menciptakan nilai tambah sehingga laba yang tersedia mampu memenuhi ekspektasi para penyandang dana. Nilai MVA positif menunjukkan bahwa perusahaan telah mampu meningkatkan kekayaan para pemegang sahamnya. Demikian pula berlaku sebaliknya. Terdapat korelasi antara nilai EVA dan MVA. Kenaikan nilai EVA ternyata juga diikuti oleh kenaikan nilai MVA, hal ini mengindikasikan bahwa pasar merespons positif kinerja keuangan perusahaan yang mampu memberi nilai tambah bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/54/051303015
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Apr 2013 14:47
Last Modified: 19 Oct 2021 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106959
[thumbnail of 051303015.pdf]
Preview
Text
051303015.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item