Pengaruh Employee Stock Ownership Program (Esop) Terhadap Kualitas Implementasi Corporate Governance & Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesi

Setyaningrum, AgathaNiken (2013) Pengaruh Employee Stock Ownership Program (Esop) Terhadap Kualitas Implementasi Corporate Governance & Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan-Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris adanya perbedaan kualitas implementasi corporate governance dan kinerja perusahaan baik pada periode sebelum dan sesudah pengadopsian Employee Stock Ownership Plans (ESOP) dan pada perusahaan yang mengadopsi ESOP dan yang tidak mengadopsi. Penelitian ini juga menguji pengaruh ESOP terhadap kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan dilihat dari kinerja keuangan dan kinerja pasar. Kinerja keuangan diproksikan dengan ROE dan ROA. Kinerja pasar diproksikan dengan menggunakan rasio PBV dan dividen. Sampel penelitian ini terdiri dari 3 perusahaan yang mengadopsi ESOP dan 3 perusahaan yang tidak mengadopsi ESOP yang diambil dari populasi sebanyak 420 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011. Penentuan sampel dilakukan secara nonrandom ( nonprobability sampling ) dengan metode purposive sampling . Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis uji beda rata-rata. Hasil penelitian menemukan bukti empiris bahwa, pengadopsian ESOP memberikan perbedaan kualitas implementasi corporate governance pada perusahaan antara sebelum dan sesudah pengadopsian, sementara tidak terdapat perbedaan KICG antara perusahaan yang mengadopsi ESOP dengan yang tidak mengadopsi. Untuk ROE, ROA, PBV, dan dividen tidak mengalami perbedaan baik antara periode sebelum ESOP dan sesudah ESOP maupun antara perusahaan yang mengadopsi ESOP dan yang tidak mengadopsi ESOP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/53/0513013014
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Apr 2013 14:38
Last Modified: 19 Oct 2021 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106949
[thumbnail of 051303014.pdf]
Preview
Text
051303014.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item