Analisis Variabel Yang Mempengaruhi Tingkat Pengembalian Kredit Umkm Pada Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan (Studi Pada Pt. Pelabuhan Indonesia Iii Surabaya)

Dewi, YanaRespati (2013) Analisis Variabel Yang Mempengaruhi Tingkat Pengembalian Kredit Umkm Pada Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan (Studi Pada Pt. Pelabuhan Indonesia Iii Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar Belakang Penelitian Ini Adalah Bertujuan Untuk Mengetahui Tingkat Pengembalian Kredit Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Oleh Pt Pelabuhan Indonesia Iii. Penelitian Ini Dilakukan Untuk Menguji Pengaruh Variabel Jumlah Pinjaman, Tingkat Bunga, Besarnya Angsuran Perbulan Serta Jangka Waktu Pengembalian Terhadap Tingkat Pengembalian Kredit. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Penelitian Eksplanatory. Berdasarkan Karakteristik Permasalahan Yang Diteliti, Penelitian Ini Merupakan Studi Kasus Pengembangan Terhadap Penilaian Objek Yang Diteliti. Sumber Data Yang Digunakan Adalah Sumber Data Primer Yang Didapat Dengan Wawancara Langsung Terhadap Nara Sumber Da n Data Sekunder Berupa Laporan Tingkat Pengembalian Tahun 2011. Objek Penelitian Adalah Pt Pelabuhan Indonesia Iii Yang Merupakan Salah Satu Bumn Di Indonesia. Hasil Peneltian Menunjukkan Bahwa Tingkat Pengembalian Pada Tahun 2011 Masig Rendah Karena Masih Dibawah Angka 70%. Dari Perhitungan Menggunakan Aplikasi Spss, Variabel Jumlah Pinjaman, Besarnya Angsuran Perbulan, Jangka Waktu Pinjaman Dan Tingkat Bunga Yang Dibebankan Memiliki Pengaruh Secara Simultan Terhadap Tingkat Pengembalian Kredit. Sedangkan Variabel Jumlah Pinjaman Memiliki Pengaruh Yang Paling Dominan Terhadap Tingkat Pengembalian Kredit. Tingkat Pengembalian Tersebut Tersebut Hampir Sama Dengan Tingkat Pengembalian Kredit Empat Tahunsebelumnya Yang Bisa Disimpulakan Bahwa Program Ini Tidak Berjalan Dengan Optimal. Penyebab Utama Dari Rendahnya Tingkat Pengembalian Tersebut Ialah Kurangnya Kesadaran Tiap Mitra Binaan Untuk Membayarkan Kewajibannya Terhadap Pt Pelabuhan Indonesia Iii Atas Pinjaman Yang Diberikan. Disamping Itu, Pihak Manajemen Tim Kemitraan Dan Bina Lingkungan Pt Pelabuhan Indonesia Masih Kurang Tegas Terhadap Mitra Binaan Yang Mengalami Keterlambatan Pembayaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/516/051311038
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Nov 2013 08:23
Last Modified: 19 Oct 2021 06:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106936
[thumbnail of fullTeks.pdf]
Preview
Text
fullTeks.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item