Pengaruh Iklan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Simpati (Studi Pada Pengguna Kartu Simpati di Wilayah Kota Malang Jawa Timur)

Bilal, Muhamad (2013) Pengaruh Iklan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Simpati (Studi Pada Pengguna Kartu Simpati di Wilayah Kota Malang Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan dan Kualitas Produk merupakan bagian dalam program pemasaran yang dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian. Perilaku konsumen saat ini dalam melakukan pembelian tidak serta-merta hanya dipengaruhi oleh penyampaian infomasi produk melainkan oleh perbandingan dan pengalaman yang dirasakan langsung oleh konsumen dari produk tersebut. Iklan sebagai sarana penyampaian informasi bertindak sangat penting dalam menyampaikan kualitas yang dimiliki oleh sebuah produk dan begitu juga sebaliknya kualitas merupakan pembuktian dari nilai yang disampaikan oleh pihak produsen dalam sebuah iklan. Tidak jarang kedua hal ini menjadi sebuah hal utama yang dapat menentukan bisa atau tidaknya sebuah produk bertahan dalam persaingan dipasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Iklan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Simpati (Studi Pada Pengguna Kartu Simpati di Wilayah Kota Malang Jawa Timur). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research (penelitian penjelasan) yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal sebab akibat antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Data dikumpulkan melalui survei menggunakan kuesioner terhadap pengguna kartu simPATI di wilayah Kota Malang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 60 responden . Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini digunakan analisis regresi. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa iklan dan kualitas produk secara serentak maupun parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Di antara kedua variabel tersebut, variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah variabel iklan. Berdasarkan analisis tersebut, saran yang dapat diberikan yaitu iklan Simpati dalam penyampaiannya harus dibuat seatraktif mungkin untuk dapat menarik perhatian konsumen, waktu penayangan dan lokasi penempatan iklan harus disesuaikan dengan target dari iklan tersebut, dan pemakaian sumber pesan yang lebih bisa diterima secara umum bukan oleh satu atau beberapa kalangan saja. Sedangkan, dalam segi kualitas saran berikut patut dijadikan sebagai pertimbangan yaitu, selalu menyajikan hal yang bersifat baru dan inovatif bagi konsumen, dan memberikan paket-paket harga dan promosi menarik yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/504/051311026
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Dec 2013 09:39
Last Modified: 19 Oct 2021 06:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106923
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 15._Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
15._Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
13._BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 14._BAB_V.pdf]
Preview
Text
14._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._Lembar_Pengesahan_(lulus).pdf]
Preview
Text
2._Lembar_Pengesahan_(lulus).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._Riwayat_Hidup.pdf]
Preview
Text
3._Riwayat_Hidup.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._Daftar_Lampiran.pdf]
Preview
Text
8._Daftar_Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._Daftar_Tabel.pdf]
Preview
Text
6._Daftar_Tabel.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._Daftar_Gambar.pdf]
Preview
Text
7._Daftar_Gambar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
4._Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
5._Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._Abstraksi.pdf]
Preview
Text
9._Abstraksi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_I.pdf]
Preview
Text
10._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._BAB_II.pdf]
Preview
Text
11._BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 12._BAB_III.pdf]
Preview
Text
12._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item