Penilaian Harga Saham Dengan Dividend Discount Model Dan Free Cash Flow To Equity Model (Studi Pada Indeks Saham LQ45 Di BEI Periode 2007-2011)

Khasanah, Nur (2013) Penilaian Harga Saham Dengan Dividend Discount Model Dan Free Cash Flow To Equity Model (Studi Pada Indeks Saham LQ45 Di BEI Periode 2007-2011). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui model penilaian harga saham dengan menggunakan pendekatan Divident Discount Model (DDM) pertumbuhan konstan dan Free Cash Flow to Equity Model (FCFE) pertumbuhan konstan dan untuk mengetahui metode penilaian harga saham yang paling mendekati harga aktual. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitan deskriptif kantitatif. Populasi penelitian ini adalah saham yang terdaftar pada LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Teknik sampling menggunakan metode sampel jenuh. Hasil penelitian dengan menggunakan DDM pertumbuhan konstan menunjukkan bahwa terdapat 4 saham yang mengalami undervalued yaitu saham AALI, ANTM, INDF dan TLKM dan penilaian dengan menggunakan FCFE pertumbuhan konstan terdapat 6 saham yang mengalami undervalued yaitu saham ANTM, ASII, INDF, TLKM, UNSP dan UNTR. Terdapat 3 saham yang dinilai sama-sama mengalami undervalued dengan menggunakan DDM dan FCFE pertumbuhan konstan yaitu saham ANTM, INDF dan TLKM. Sedangkan untuk mengetahui akurasi penilaian harga menggunakan the absolute rupiah over/undevaluation (ADE), the average absolute rupiah over/undevaluation (MDE), the absolute percentage over/undervaluation (APE), the average absolute percentage over/undervaluation (MPE) hasilnya menunujukkan bahwa hasil penilaian menggunakan DDM pertumbuhan konstan memiliki nilai yang terkecil dibandingkan FCFE pertumbuhan konstan. Hal ini berarti bahwa DDM pertumbuhan konstan adalah model penilaian yang mendekati harga aktual saham.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/500/051310684
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Nov 2013 13:09
Last Modified: 10 Nov 2021 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106920
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7_BAB_I.pdf]
Preview
Text
7_BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8_BAB_II.pdf]
Preview
Text
8_BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9_BAB_III.pdf]
Preview
Text
9_BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10_BAB_IV.pdf]
Preview
Text
10_BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 11_BAB_V.pdf]
Preview
Text
11_BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12_DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
12_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item