Pengaruh Kepercayaan Merek (Trust in a Brand) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) pada Pengguna Kartu Prabayar Merek IM3 (Studi pada Mahasiswa Strata-1 Universitas Brawijaya)

Putra, MJeffryFajar (2013) Pengaruh Kepercayaan Merek (Trust in a Brand) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) pada Pengguna Kartu Prabayar Merek IM3 (Studi pada Mahasiswa Strata-1 Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Munculnya banyak operator seluler di Indonesia membuat persaingan antar operator semakin ketat. Operator-operator tersebut semakin memperbaiki kualitas untuk mempertahankan pelanggan dan mendapatkan pelanggan baru. Penelitian ini membahas tentang kepercayaan merek IM3 yang diukur dengan tiga faktor yaitu, Brand Characteristic, Company Characteristic, dan Consumer-Brand Characteristic yang merupakan faktor pembentuk loyalitas merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor Brand Characteristic, Company Characteristic, dan Consumer-Brand Characteristic terhadap Loyalitas Merek Kartu Prabayar merek IM3. Peneliti mengambil lokasi penelitian di Universitas Brawijaya karena Universitas Brawijaya mempunyai mahasiswa terbayak dibanding dua PTN lain di Kota Malang. Responden dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Brawijaya pengguna IM3. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Mahasiswa Universitas Brawijaya pengguna Kartu Prabayar IM3 dengan syarat pengguna IM3 yang menggunakan IM3 minimal 6 bulan dan pengguna IM3 yang membeli sendiri pulsanya. Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Probability Sampling. Dari tiap-tiap fakultas di Universitas Brawijaya diambil minimal satu responden sebagai sampel untuk mewakili pengguna IM3 yang lain di fakultasnya. Total sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Metode analisi data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian ini beupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F dan uji t. dari analisis regresi linear berganda didapatkan koefisien beta yang dapat menunjukkan variabel yang berpengaruh dominan. Berdasarkan hasil dari pengolahan data penelitian dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS menunjukkan bahwa variabel Brand Characteristic dan Company Characteristic tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Merek Kartu Prabayar IM3 dengan standar koefisien ( βeta ) masing-masing sebesar 0,140 dan 0,064 satuan sedangkan variabel Consumer-Brand Characteristic justru berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas Merek Kartu Prabayar IM3 dengan standar Koefisien standar ( βeta ) sebesar 0,572 satuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/5/051301266
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Apr 2013 15:11
Last Modified: 19 Oct 2021 06:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106918
[thumbnail of 16._LAMPIRAN_4_-_7.pdf] Text
16._LAMPIRAN_4_-_7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 14._LAMPIRAN_2_(DISTRIBUSI_FREKUENSI).pdf] Text
14._LAMPIRAN_2_(DISTRIBUSI_FREKUENSI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 1._COVER_jeffry.pdf] Text
1._COVER_jeffry.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 12._DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
12._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 13._LAMPIRAN_1_(KUISIONER).pdf] Text
13._LAMPIRAN_1_(KUISIONER).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 15._LAMPIRAN_3_(Korelasi).pdf] Text
15._LAMPIRAN_3_(Korelasi).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 2._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf] Text
2._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 4._RINGKASAN.pdf] Text
4._RINGKASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 3._DAFTAR_RIWAYAT_HIDUP.pdf] Text
3._DAFTAR_RIWAYAT_HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 5.KATA_PENGANTAR.pdf] Text
5.KATA_PENGANTAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 6.DAFTAR_ISI.pdf] Text
6.DAFTAR_ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 7._BAB_I_jeffry_IM3.pdf] Text
7._BAB_I_jeffry_IM3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 8._BAB_II_jeffry.pdf] Text
8._BAB_II_jeffry.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 9._BAB_III_jeffry.pdf] Text
9._BAB_III_jeffry.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 10._BAB_IV_Jeffry.pdf] Text
10._BAB_IV_Jeffry.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 11._BAB_V_Jeffry.pdf] Text
11._BAB_V_Jeffry.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item