Pengaruh Efektifitas Periklanan Terhadap Persepsi (Studi Pada Pasar Produk Apple di Malang)

Yusuf, Fatkhur (2013) Pengaruh Efektifitas Periklanan Terhadap Persepsi (Studi Pada Pasar Produk Apple di Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan yang diteliti adalah apakah variabel efektifitas periklanan, yakni mengenal, daya ingat, perasaan, manfaat, dan atribut terdapat pengaruh siginifikan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap variabel persepsi?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis variabel efektifitas periklanan, yakni mengenal, daya ingat, perasaan, manfaat, dan atribut terdapat pengaruh siginifikan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap variabel persepsi. Sampel dalam penelitian ini adalah pertama masyarakat Malang yang menggunakan produk apple di bulan Mei 2013, kedua masyarakat Malang yang pernah menyaksikan atau mengetahui iklan apple di bulan April 2013. Selanjutnya dalam penelitian ini jumlah sampel yang diambil sebesar 60 responden. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, linieritas, multikolinieritas dan heteroskedastilitas) dan uji regresi linier berganda (uji F dan uji t). Hipotesis I, yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel efektifitas periklanan, yakni mengenal (X1), daya ingat (X2), perasaan (X3), manfaat (X4) dan atribut (X5) secara simultan terhadap variabel persepsi (Y). Dari hasil analisis dan interpretasi hipotesis I dapat dibuktikan kebenarannya bahwa baik secara simultan ada pengaruh yang signifikan. Hipotesis II, yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel efektifitas periklanan, yakni mengenal (X1), daya ingat (X2), perasaan (X3), manfaat (X4) dan atribut (X5) secara parsial terhadap variabel persepsi (Y). Dari hasil analisis dan interpretasi hipotesis II dapat dibuktikan kebenarannya bahwa baik secara parsial ada pengaruh yang signifikan, kecuali variabel daya ingat (X2). Dari hasil analisis dan interpretasi hipotesis II, dapat diketahui variabel perasaan (X3) berpengaruh dominan terhadap variabel persepsi (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/436/051308919
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Sep 2013 16:19
Last Modified: 19 Oct 2021 04:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106854
[thumbnail of 051308919.pdf]
Preview
Text
051308919.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item