Pengaruh Komitmen Organisasional Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Studi Kasus Pada Karyawan PT Taspen (Persero) Cabang Malang).

Nasichudin, Ahmad (2013) Pengaruh Komitmen Organisasional Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Studi Kasus Pada Karyawan PT Taspen (Persero) Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber daya manusia menjadi aspek yang sangat penting dalam keberlangsungan suatu organisasi. Keberhasilan dan kinerja suatu organisasi sangat ditentukan oleh perilaku anggota organisasinya. Salah satu perilaku anggota organisasi adalah perilaku di luar tugas formal ( extra-role behavior). Extra role behavior ini dapat meningkatkan kinerja organisasi melalui efisiensi dan efektivitas dalam praktek organisasi. Dasar extra-role behavior telah dikonseptualisasikan menjadi Organizational Citizenship Behavior /OCB. Beberapa anteseden yang dapat mempengaruhi anggota organisasi untuk menunjukkan Organizational Citizenship Behavior /OCB adalah komitmen organisasional. Komitmen organisasional yang tinggi dari anggota organisasi dapat menciptakan perilaku yang baik. Perilaku baik tersebut akan menjadikan anggota organisasi mempunyai kinerja yang baik, yang pada akhirnya menjadikan organisasi lebih produktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh komitmen organisasional terhadap Organizational Citizenship Behavior /OCB. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan maupun parsial pada komitmen organisasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB)?”. Hipotesis dari permasalahan adalah “Komitmen organisasional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB)”. Penelitian dilakukan di PT Taspen (Persero) Cabang Malang, sebanyak 33 orang sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuisioner, wawancara dan observasi. Data diolah dengan menggunakan analisa diskriptif dan analisis regresi berganda . Hasil analisis menunjukkan komitmen organisasional berpengaruh signifikan terhadap OCB. Namun, secara parsial, di antara anteseden komitmen organisasional, yaitu: komitmen afektif, komitmen berkelanjutan, dan komitmen normatif, hanya komitmen berkelanjutan yang berpengaruh sigifikan terhadap OCB. Implikasi dari penelitian ini bagi PT Taspen (Persero) Cabang Malang, yaitu pihak manajemen dapat meningkatkan OCB karyawan dengan cara meningkatkan kualitas komitmen organisasional para karyawan. Sehingga mereka dapat meningkatkan kinerja dan produktifitasnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/417/051308643
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Sep 2013 10:56
Last Modified: 19 Oct 2021 03:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106834
[thumbnail of 051308643.pdf]
Preview
Text
051308643.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item