Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Minuman Pengganti Ion Tubuh / Isotonik Merek Mizone

Anggraini, Desi (2013) Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Minuman Pengganti Ion Tubuh / Isotonik Merek Mizone. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketatnya persaingan antar perusahaan sekarang ini juga terjadi pada perusahaan minuman isotonik. Pada awalnya minuman isotonik disejajarkan dengan minuman ringan lainnya atau bahkan dengan air mineral. Namun pada kenyataannya minuman isotonik sangatlah berbeda dengan produk minuman tersebut. Minuman isotonik adalah minuman pengganti ion tubuh untuk kesehatan dan kebugaran. Sebagai pelopor minuman isotonik PT. Aqua Danone dengan produknya Mizone, tak henti-hentinya melakukan edukasi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis varibel brand image yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk yang mempengaruhi keputusan pembelian minuman isotonik merek Mizone pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatory research, yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini terdiri atas tiga variabel bebas (X), antara lain variabel citra pembuat (X 1 ), citra pemakai (X 2 ), dan citra produk (X 3 ), serta satu variabel terika yaitu keputusan konsumen (Y). Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik penemuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data yang digunakan adalah mengunakan regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 18.0 for Windows. Hasil pengujian hipotesis I dengan menggunakan uji F menunjukkan variabel citra pembuat (X 1 ), citra pemakai (X 2 ), dan citra produk (X 3 ), secara simultan berbengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan untuk pengujian hipotesis II dengan menggunakan uji t secara parsial menunjukkan variabel citra pembuat (X 1 ) tidak berpengaruh signifikan, sedangkan citra pemakai (X 2 ), dan citra produk (X 3 ) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan dari pengujian hipotesis III menunjukkan variabel yang paling dominan terhadap keputusan pembelian (Y) adalah variabel citra produk (X 3 ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/396/051308303
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Sep 2013 13:16
Last Modified: 19 Oct 2021 03:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106812
[thumbnail of 051308303.pdf]
Preview
Text
051308303.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item