Pengaruh Siklus Hidup Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011)

Anggraini, AnggiRatna (2013) Pengaruh Siklus Hidup Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh siklus kehidupan perusahaan (pertumbuhan, matang, dan stagnan) dan ukuran perusahaan (kecil, menengah, besar) untuk manajemen laba. Perbedaan manajemen laba ini ditunjukkan oleh besarnya manajemen laba dalam setiap tahap siklus hidup dan ukuran perusahaan. Perusahaan berukuran kecil dan mungkin tidak memiliki sistem pengendalian internal yang canggih terlibat dalam lebih banyak manajemen laba, yang diukur dengan akrual diskresioner. Firma dalam tahap matang dan stagnan mungkin memiliki sistem kontrol internal yang lebih canggih daripada perusahaan dalam tahap pertumbuhan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode pengamatan data adalah 3 tahun (2009-2011). Data dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling. Total sampel adalah 252 perusahaan, terdiri dari 84 perusahaan setiap tahun. Manajemen pendapatan diindikasikan oleh besarnya akrual diskresioner. Sampel diklasifikasikan ke dalam berbagai siklus hidup menggunakan pembayaran dividen, pertumbuhan penjualan, dan usia. Ukuran perusahaan diklasifikasikan oleh total aset. Seperti yang diperkirakan, hasil empiris menunjukkan perusahaan pertumbuhan, matang, dan stagnant adalah melakukan manajemen laba. Penelitian ini dapat menemukan perbedaan manajemen laba antara ukuran perusahaan, tetapi tidak antara siklus hidup korporasi. Penelitian serupa berikutnya harus menggunakan lebih banyak data sampel dalam periode yang lebih lama dan menggunakan empat atau lima klasifikasi siklus hidup korporasi untuk mendapatkan hasil yang lebih kuat dan lebih detail untuk memeriksa pengaruh pendapatan.

English Abstract

This research is aimed to examine the effect of corporate life cycles (growth, mature, and stagnant) and firm size (small, medium, big) to earnings management. This earnings management differences were shown by the magnitude of earnings management in every life cycle stage and firm size. Small-sized firms and may have not sophisticated internal control system engage in more earnings management, as measured by discretionary accrual. Firm in mature and stagnant stage may have more sophisticated internal control system than firm in growth stage. The sample of the study was the manufacturing companies listed in the Indonesia Stock Exchange. The data observation period was 3 years (2009-2011). The data was collected using purposive sampling method. Total samples were 252 firms, consist of 84 corporate each year. Earnings management was indicated by the magnitude of discretionary accruals. The samples are classified into various life cycle using dividend payout, sales growth, and age. Firm size are classified by total assets. As predicted, the empirical results indicate firms in growth, mature, and stagnant stage are conducting earnings management. This research could found earnings management differences between firm size, but not between corporate life cycle. Next similar research should use more sample data in longer period and use four or five classification of corporate life cycle to get more powerful result and more detail to examine it‟s effect on earnings management.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/266/051306023
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Jul 2013 11:57
Last Modified: 19 Oct 2021 01:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106680
[thumbnail of SKRIPSI_Anggi_Ratna_Anggraini_0910230043.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_Anggi_Ratna_Anggraini_0910230043.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item