Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil Di Kabupaten Mojokerto (Studi Kasus Pada Industri Krupuk Rambak Di Kelurahan Bangsal, Kecamatan Bangsal)

Adrianto, Rizky (2013) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil Di Kabupaten Mojokerto (Studi Kasus Pada Industri Krupuk Rambak Di Kelurahan Bangsal, Kecamatan Bangsal). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja pada industri kecil di kabupaten Mojokerto, dimana industri kecil tersebut masih tetap mampu bersaing dan bertahan, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu usaha strategis dalam mencapai pertumbuhan ekonomi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, fokus penelitian ini lebih dititikberatkan pada bidang sumber daya manusia, yaitu tentang pengaruh bahan baku , nilai produksi dan modal kerja terhadap penyerapan tenaga kerja pada industri kecil di Kabupaten Mojokerto. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel-variabel bebas yang meliputi nilai produksi (X 1 ) dan bahan baku (X 3 ) mempengaruhi variabel terikatnya, yaitu jumlah tenaga kerja (Y). Akan tetapi variabel modal kerja (X 2 ) tidak mempengaruhi jumlah tenaga kerjanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/25/051301286
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Apr 2013 13:13
Last Modified: 19 Oct 2021 01:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106662
[thumbnail of 051301286.pdf]
Preview
Text
051301286.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item