Pengukuran Kinerja Balance Scorecard Pada Rumah Sakit Muhammadiyah Jombang (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Muhammadiyah Jombang)

Sujatmiko, Adri (2013) Pengukuran Kinerja Balance Scorecard Pada Rumah Sakit Muhammadiyah Jombang (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Muhammadiyah Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif berjudul Pengukuran Kinerja Balanced Scorecard di Rumah Sakit Jombang Muhammadiyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja Rumah Sakit Muhammadiyah Jombang menggunakan analisis Balanced Scorecard. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Teknik Balanced Scorecard menggunakan empat perspektif: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Kemudian analisis data juga menggunakan kuesioner sebagai pengukuran kepuasan pelanggan (pasien) dan karyawan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja alat Muhammadiyah Rumah Sakit Jombang secara keseluruhan `cukup`. Ini ditampilkan di setiap perspektif. Pada perspektif pelanggan, terutama pada kepuasan indikator, pelanggan puas dengan kinerja rumah sakit dengan nilai yang ditunjukkan dari kuesioner kepada pelanggan, indikator retensi pelanggan menunjukkan bahwa rumah sakit masih dianggap maksimum dalam mempertahankan pelanggan, akuisisi pelanggan sementara Indikator menunjukkan hasilnya cukup baik karena rumah sakit mampu meningkatkan jumlah pasien baru. Dalam perspektif keuangan diukur menggunakan rasio ROI dan efisiensi. Rasio efisiensi menunjukkan dari 2009 hingga 2011 terus menurun. Pada ROI telah menurun dari 2009 hingga 2010 dan sedikit peningkatan pada tahun 2011. Dalam perspektif proses bisnis internal pada indikator Bor, BTO, TOI dan GDR secara keseluruhan `cukup`. Dalam perspektif pembelajaran dan pertumbuhan tentang kepuasan indikator, kepuasan karyawan dengan nilai yang ditunjukkan dari hasil kuesioner untuk karyawan. Pada indikator retensi karyawan pada tahun 2011 dianggap baik dengan loyalitas karyawan tingkat tinggi di rumah sakit, sementara produktivitas karyawan diperoleh sebesar Rp. 26.098.166 Pada 2011 menunjukkan bahwa produktivitas karyawan juga. Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis merekomendasikan kepada Rumah Sakit Umum Jombang untuk menggunakan metode Balance Scorecard untuk mengukur kinerjanya.

English Abstract

This research is a descriptive study titled Balanced Scorecard Performance Measurement In Jombang Muhammadiyah Hospital. The purpose of this study was to measure the performance of the Muhammadiyah Hospital Jombang using Balanced Scorecard analysis. This study uses techniques of documentation and questionnaires to collect the necessary data. Balanced Scorecard technique using four perspectives: financial perspective, customer perspective, internal business processes and learning and growth perspectives. Then the data analysis also uses questionnaires as measurement of customer satisfaction (patient) and employees. Results of this study concluded that the performance of the tool Muhammadiyah Hospital Jombang overall "enough". This is shown in each perspective. At the customers perspective, especially on indicators satisfaction, customers were satisfied with the performance of the hospital with the value indicated from the questionnaire to the customer, the customer retention indicators show that the hospital is still considered the maximum in retaining customers, customer acquisition while the indicator shows the results good enough because the hospital is able to increase the number of new patients. In the financial perspective was measured using ROI and Efficiency Ratio. The efficiency ratio shows from 2009 to 2011 continued to decline. On ROI has decreased from 2009 to 2010 and a slight increase in 2011. In the internal business process perspective on indicators BOR, BTO, TOI and GDRs overall "enough". In the learning and growth perspective on indicators satisfaction, employee satisfaction with the value indicated from the results of the questionnaire for the employees. On indicators of employee retention in 2011 is considered to be good with a high level of employee loyalty at the hospital, while the productivity of employees obtained by RP. 26,098,166 in 2011 indicated that employee productivity either. Based on the above conclusion, the authors recommend to the General Hospital Jombang to use the method Balance Scorecard to measure its performance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/245/051305629
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Jul 2013 13:32
Last Modified: 18 Oct 2021 13:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106657
[thumbnail of Bab_IV.pdf] Text
Bab_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf] Text
Daftar_Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab_II.pdf] Text
Bab_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstraksi.pdf] Text
Abstraksi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab_III.pdf] Text
Bab_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab_I.pdf] Text
Bab_I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_V.pdf] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf] Text
Daftar_Isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item