Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Financial Distress (Studi Pada Indeks LQ45 Yang Terdaftar Di BEI Periode 2009-2011)

Kusumawardana, RenoFurqon (2013) Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Financial Distress (Studi Pada Indeks LQ45 Yang Terdaftar Di BEI Periode 2009-2011). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan yang terdiri dari lima rasio yaitu rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, rasio aktivitas, dan rasio pertumbuhan dalam memprediksi kondisi financial distress pada Indeks LQ45 yang terdaftar di BEI periode 2009-2011. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kelima rasio keuangan tersebut dalam memprediksi kondisi financial distress digunakan analisis regresi logistik. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sesuai dengan tujuan dalam penelitian ini untuk menyelidiki ada atau tidaknya hubungan sebab akibat serta berapa besar hubungan sebab akibat tersebut. Penelitian ini menggunakan 33 sampel dari populasi perusahaan-perusahaan yang masuk dalam LQ45. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Untuk menganalisis data menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji autokorelasi, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi logistik menunjukkan bahwa variabel rasio likuiditas mempunyai pengaruh yang positif dan tidak signifikan, variabel rasio solvabilitas/leverage mempunyai pengaruh positif dan signifikan, variabel rasio profitabilitas mempunyai pengaruh positif dan signifikan, variabel rasio aktivitas mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan, variabel rasio pertumbuhan mempunyai pengaruh positif dan signifikan. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kondisi financial distress yaitu variabel rasio solvabilitas/leverage dengan standardize coefficients beta tertinggi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat tiga variabel yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap financial distress yaitu ratio solvabilitas, rasio profitabilitas, dan ratio pertumbuhan. Sedangkan variabel ratio solvabilitas / financial leverage mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kondisi financial distress .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/163/051304649
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 May 2013 09:02
Last Modified: 18 Oct 2021 11:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106572
[thumbnail of 051304649.pdf]
Preview
Text
051304649.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item