Purnomo, SatrioMulyo (2013) Pengaruh Twitter Account @Inibaruhidup Sebagai Social Media Terhadap Loyalitas Merek Nescafé Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Membangun dan mempertahankan loyalitas merek adalah salah satu hal penting bagi pemasar. Pemasar telah memanfaatkan berbagai cara untuk mempertahankan loyalitas merek pelanggan mereka. Salah satu cara yang saat ini digunakan adalah social media . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simultan serta parsial dari content yang relevan, kampanye yang memberi manfaat dan frekuensi diperbaharui serta content populer di Twitter sebagai social media terhadap loyalitas merek NESCAFÉ Indonesia. Analisis data menggunakan metode regresi linear berganda dengan 152 followers @IniBaruHidup sebagai responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling . Uji validitas dan reliabilitas digunakan dalam pengujian instrumen penelitian serta pengujian asumsi klasik berupa uji normalitas, uji heterokedastisitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel content yang relevan (X1), kampanye yang memberi manfaat dan frekuensi diperbaharui (X2) serta content populer (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas merek dengan signifikansi 0,000 dengan koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 33,3%. Variabel yang berpengaruh secara parsial adalah variabel kampanye yang memberi manfaat dan frekuensi diperbaharui (X2). Manfaat dari social media salah satunya sebagai customer relationship management . Program untuk membangun loyalitas tidak hanya bisa mengandalkan satu alat saja yaitu social media (Twitter) tetapi perlu adanya integrasi dengan bauran promosi yang lain seperti: penjualan personal melalui wiraniaga, advertising di media konvensional (televisi, radio, dan majalah), promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan sponsorhip . Saran untuk peneliti selanjutnya adalah dapat melakukan uji kognitif untuk memastikan responden telah lama mengikuti @IniBaruHidup dengan memberikan pertanyaan mengenai kegiatan promosi yang dilakukan oleh NESCAFÉ. Selain itu, peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel independen yaitu: kepercayaan ( trust ), keamanan ( security ), kualitas dari pelayanan ( quality of service ), dan resiko yang disadari ( perceived risk ).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2013/155/051304306 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 Apr 2013 12:39 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 11:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106563 |
Text
3._Lembar_Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
2._Halaman_Judul.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
12._BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
4._CV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
5._Kata_Pengantar.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
6._Daftar_Isi,_Tabel,_Gambar,_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
13._Daftar_Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
14._Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
1._Halaman_Sampul.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
7._Ringkasan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
8._BAB_I.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
9._BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
11._BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
10._BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |