“Pentingnya Penggunaan Hutang sebagai Sumber Pembiayaan Modal Kerja dalam Rangka Meningkatkan Profitabilitas pada PT. Mustika Ratu Tbk.

Rachmawatik, ArvitaPuri (2013) “Pentingnya Penggunaan Hutang sebagai Sumber Pembiayaan Modal Kerja dalam Rangka Meningkatkan Profitabilitas pada PT. Mustika Ratu Tbk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Modal kerja diperlukan oleh setiap perusahaan untuk aktivitas operasionalnya. Pemenuhan kebutuhan dana merupakan salah satu faktor yang menunjang pencapaian laba bersih. Perkembangan dunia industri yang pesat saat sekarang ini menyebabkan perusahaan sejenis harus dapat bersaing untuk dapat mencukupi kebutuhan modal kerjanya. Latar belakang penelitian ini adalah analisis sumber dan penggunaan modal kerja yang didasarkan pada laporan keuangan perusahaan yang berupa neraca yang dapat digunakan para manajemen perusahaan khususnya manajer keuangan untuk mengetahui bagaimana perusahaan mengelola modal kerjanya dalam meningkatkan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan memberikan saran kepada PT. Mustika Ratu Tbk dalam menentukan pembiayaan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan modal kerjanya dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Objek penelitian ini adalah PT. Mustika Ratu Tbk dengan periode pengamatan tahun 2009-2011. Data pada penelitian ini termasuk data skunder yang didapat melalui Pojok BEI Universitas Brawijaya. Teknik analisis data menggunakan analisis neraca perbandingan, menganalisis sumber dan penggunaan modal kerja, menentukan proyeksi penjualan, menganalisa kebutuhan dana ekstern, menentukan indifference point antara hutang dengan saham biasa, menentukan proyeksi EBIT , menganalisa EBIT-EPS pada berbagai tingkat EBIT . Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Mustika Ratu membutuhkan tambahan modal sebesar Rp 53.299.990.284 yang harus diperoleh melalui hutang Bank atau mengeluarkan saham biasa baru. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa tingkat EBIT yang diharapkan lebih besar dari Indifference Point- nya. Sehingga perusahaan sebaiknya menggunakan komposisi hutang lebih besar dari saham biasa. Dengan meningkatkan penggunaan hutang, akan meningkatkan EPS perusahaan apabila perusahaan memperoleh EBIT diatas EBIT pada indifference point . perusahaan telah menjalankan trading on the eqity karena perusahaan dalam menggunakan dana dengan beban tetap itu menghasilkan efek yang menguntungkan dana bagi pemegang saham biasa yaitu dalam bentuknya memperbesar EPS-nya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2013/117/051303418
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 May 2013 11:16
Last Modified: 18 Oct 2021 11:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106524
[thumbnail of 051303418.pdf]
Preview
Text
051303418.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item