Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Mengunjungi Wisata Wendit Water Park Malang

Nugroho, AgungOktaviyan (2012) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Mengunjungi Wisata Wendit Water Park Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan, parsial dan variable mana yang dominan atas bauran pemasaran jasa yang terdiri dari delapan variabel, yaitu : (1) produk (product), (2) harga (price), (3) lokasi (place), (4) promosi (promotion), (5), penyedia jasa (people), (6) proses (process), (7) bukti fisik (physical evidence) dan (8) layanan pelanggan (costumer service) terhadap kepuasan konsumen mengunjungi Wisata Wendit Water Park Malang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian explanatory research. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini dijelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel bebas yaitu produk, harga, lokasi, promosi, penyedia jasa, proses, bukti fisik dan layanan pelanggan terhadap kepuasan konsumen mengunjungi Wisata Wendit Water Park Malang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji Fhitung dan Thitung. Untuk menganalisis data yang digunakan uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heterikedastisitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa secara simultan variabel produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), promosi (X4), penyedia jasa (X5), proses (X6), bukti fisik (X7) serta layanan pelanggan (X8) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen mengunjungi Wisata Wendit Water Park (Y) dengan signifikansi sebesar 0,000 dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,740. Sedangkan secara parsial, variabel produk (X1), variabel penyedia jasa (X5), variabel proses jasa (X6) dan variabel layanan pelanggan (X8) menunjukan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen mengunjungi Wisata Wendit Water Park dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar 2,711; 1,993; 2,263 dan 2,245, sedangkan variabel harga (X2), lokasi (X3), promosi (X4), dan bukti fisik (X7) menunjukan adanya pengaruh yang tidak signifikan, dengan signifikansi masing-masing variabel sebesar -0,186; 1,518; 0,975; dan 1,114. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen mengunjungi Wisata Wendit Water Park yaitu variabel produk (X1) dengan standardized coefficient beta sebesar 0,241.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/774/051203369
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Oct 2012 08:20
Last Modified: 18 Oct 2021 09:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106478
[thumbnail of 5.BAB_III.pdf] Text
5.BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 6.BAB_IV.pdf] Text
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 7.BAB_V.pdf] Text
7.BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 3.BAB_I.pdf] Text
3.BAB_I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 4.BAB_II.pdf] Text
4.BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item