Formulasi Unit Cost Layanan Pendidikan Dan Pengajaran Perguruan Tinggi Dalam Penyusunan Rencana Bisnis Dan Anggaran (Rba) Badan Layanan Umum : (Studi Kasus Pada Fakultas X Universitas Y)

Widiprana, RenggaBayu (2012) Formulasi Unit Cost Layanan Pendidikan Dan Pengajaran Perguruan Tinggi Dalam Penyusunan Rencana Bisnis Dan Anggaran (Rba) Badan Layanan Umum : (Studi Kasus Pada Fakultas X Universitas Y). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan formulasi unit cost layanan pendidikan dan pengajaran - perguruan tinggi, dalam penyusunan Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) suatu Badan Layanan Umum, untuk tahun 2012, dengan metode pembebanan biaya standard costing system . Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan instrumen studi kasus, dengan objek penelitian pada Fakultas X Universitas Y. Pengumpulan data sebagai bahan formulasi diperoleh dengan dokumentasi, rekaman arsip dan wawancara. Proses wawancara dilakukan terhadap pihak dari Fakultas X Universitas Y, selaku penyusun formulasi unit cost layanan. Proses formulasi unit cost sendiri menggunakan berbagai fasilitas formulasi pada Microsoft Office Excel yang telah diketahui secara umum. Hasil penelitian berhasil mendeskripsikan formulasi unit cost layanan, yang didahului dengan 4 (empat) tahapan utama: penentuan aktivitas langsung dan tidak langsung layanan; penentuan kapasitas normal layanan; penentuan kuantitas normal layanan; dan penentuan tarif standar layanan. Hasil akhir dari keempat langkah tersebut akan menjadi bahan masukan dalam formulasi unit cost, yaitu dengan mengalikan kuantitas normal layanan dengan tarif standar layanan setiap aktivitas dan membaginya dengan jumlah unit yang menggunakan setiap aktivitas layanan tersebut. Secara keseluruhan, hasil dari penelitian ini konsisten dan sesuai dengan berbagai peraturan yang terkait dengan Badan Layanan Umum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/75/051200821
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 May 2012 11:04
Last Modified: 18 Oct 2021 09:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106475
[thumbnail of pendahuluan-daftar_gambar_dan_tabel.pdf]
Preview
Text
pendahuluan-daftar_gambar_dan_tabel.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of formulasi_final.pdf]
Preview
Text
formulasi_final.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of isi.pdf]
Preview
Text
isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of pendahuluan-abstrak.pdf]
Preview
Text
pendahuluan-abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of pendahuluan-COVER.pdf]
Preview
Text
pendahuluan-COVER.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item