Pengaruh Latar Belakang saat Memasuki Perguruan Tinggi dan Keaktifan Mengikuti Asistensi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya Malang Angka

Hardanti, KurniasariNovi (2012) Pengaruh Latar Belakang saat Memasuki Perguruan Tinggi dan Keaktifan Mengikuti Asistensi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya Malang Angka. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang mahasiswa saat memasuki perguruan tinggi, yaitu jalur masuk, prioritas pilihan, jurusan SMA atau sederajat, dan nilai matematika saat SMA, serta faktor lain yaitu keaktifan mengikuti asistensi terhadap prestasi belajar mahasiswa, yang dijabarkan sebagai nilai mata kuliah kuantitatif akuntansi dan Indeks Prestasi Kumulatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya angkatan 2008 yang masih aktif dalam perkuliahan dan sedang menempuh praktikum auditing. Data penelitian ini diambil dari data primer melalui kuesioner. Kuesioner yang disebar sebanyak 170 buah, namun hanya 137 yang sesuai dengan kriteria purposive sampling dan digunakan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dalam menganalisis variabel-variabelnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel jalur masuk dan keaktifan mengikuti asistensi yang memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi dengan toleransi signifikansi sebesar 5%. Dari kelima variabel bebas, keaktifan asistensi yang memiliki pengaruh paling dominan dibandingkan dengan variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/71/051200817
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Apr 2012 11:03
Last Modified: 18 Oct 2021 09:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106471
[thumbnail of 051200817.pdf]
Preview
Text
051200817.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item