NandiniD, Akila (2012) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat Membayar Listrik Di Loket Pelayanan Pembayaran Online PPOB (Payment Point Online Bank)(Studi Kasus di Loket Pelayanan Pembayaran Online PP. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sistem PPOB ( Payment Point Online Bank) merupakan jenis layanan pembayaran rekening listrik yang memberikan kebebasan kepada pelanggan didaerah untuk memilih payment point (loket pembayaran) dimana saja dalam melakukan pembayaran rekening listrik. Sistem online mempunyai tujuan untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan pembayaran rekening listriknya. Kebanyakan masyarakat membayar listrik di loket PPOB ( Payment Point Online Bank) walaupun dikenakan biaya tambahan administrasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan masyarakat membayar rekening listrik melalui PPOB yang ada di Kota Malang, juga untuk mengetahui faktor yang paling besar mempengaruhi masyarakat membayar listrik di loket PPOB ( Payment Point Online Bank) . Dari hasil uji regresi linier berganda dari data penelitian menunjukkan bahwa dua variabel dari tiga variabel yang terdapat dalam penelitian ini, yaitu kemudahan dan jaminan menunjukkan hasil yang signifikan dalam mempengaruhi keputusan masyarakat hal ini ditunjukkan dengan tidak adanya tingkat probabilitas yang melebihi dari 0,05 , sedangkan variabel kecepatan tidak mempengaruhi signifikan terhadap keputusan masyarakat hal ini ditunjukkan dengan tingkat probabilitas diatas 0,05 yaitu 0,272. Semua variabel dalam uji multikolinearitas,multikolinearitas,auto-korelasi dan dalam uji asumsi klasik yang lain dan uji statistik, tidak menunjukan masalah-masalah di dalamnya. Indikator variabel dari variabel kemudahan yang berpengaruh besar terhadap keputusan masyarakat membayar listrik di loket PPOB adalah dekat dengan rumah hal ini ditunjukkan dengan koefisien sebesar 0,451. Indikator variabel dari variabel jaminan yang berpengaruh besar tehadap keputusan masyarakat membayar listrik di loket PPOB adalah pelayanan yang sopan, hal ini ditunjukkan dengan koefisien 0,624. Dapat disimpulkan bahwa faktor kemudahan dan faktor jaminan adalah faktor yang mempengaruhi keputusan masyarakat membayar listrik di loket pelyanan pembayaran PPOB ( Payment Point Online Bank).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2012/68/051200754 |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 20 Apr 2012 08:55 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 09:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106467 |
Preview |
Text
cover_dll.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR__ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN_BAB_I-DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |