Pengaruh Atribut Determinan Toko Terhadap Loyalitas Konsumen Hypermart Malang Town Square,

Bahren, EllinFaranita, (2013) Pengaruh Atribut Determinan Toko Terhadap Loyalitas Konsumen Hypermart Malang Town Square,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Atribut determinan toko adalah berbagai atribut yang mencolok yang benar-benar mempengaruhi proses evaluasi konsumen dalam memilih toko. Atribut-atribut tersebut diantaranya adalah lokasi, sifat dan kualitas keragaman barang, harga, personel penjualan, pelayanan yang diberikan, atribut fisik, sifat pelanggan, atmosfer toko serta pelayanan dan kepuasan sesudah transaksi. Evaluasi atribut determinan toko yang dilakukan oleh konsumen tersebut akan memunculkan berbagai kondisi pasca evaluasi, salah satunya adalah loyalitas konsumen. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah meningkatnya persaingan diantara para pengecer di Malang yang berdampak pada Hypermart Malang Town Square . Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara atribut determinan toko terhadap loyalitas konsumen. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian menurut tingkat eksplanasinya. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purpossive sampling . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebar kepada 100 orang responden di sekitar Malang Town Square dan pernah berbelanja di Hypermart Malang Town Square. Data dianalisa dengan análisis kualitatif dan análisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, serta koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat loyalitas konsumen Hypermart Malang Town Square didominasi oleh konsumen kategori Clients dan terdapat 5 variabel yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen Hypermart Malang Town Square yaitu variabel lokasi, harga, iklan dan promosi, pelayanan yang diberikan, serta atmosfer toko. Kesimpulan lainnya adalah secara keseluruhan variabel-variabel atribut determinan memiliki korelasi positif terhadap loyalitas konsumen dan variabel yang berpengaruh dominan adalah variabel harga. Saran yang dapat disampaikan adalah diharapkan perusahaan menjaga tingkat loyalitas konsumen Clients dengan memperhatikan variabel yang dominan mempengaruhi tingkat loyalitas mereka, yaitu harga yang murah. Hypermart Malang Town Square hendaknya memperhatikan kestabilan harga jual produk dan juga menawarkan lebih banyak diskon maupun potongan harga pada produk-produk populer yang banyak dicari oleh konsumen demi peningkatan loyalitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/612/051308654
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Sep 2013 09:48
Last Modified: 18 Oct 2021 08:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106450
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_SKRIPSI_blok.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI_blok.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item