Faktor-faktor yang Mempengaruhi Curahan Waktu Kerja Wanita Pada Sektor Perdagangan di Provinsi Jawa Timur (Studi Analisis Data Sakernas Tahun 2010).

RachmawatiS, Yuliana (2012) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Curahan Waktu Kerja Wanita Pada Sektor Perdagangan di Provinsi Jawa Timur (Studi Analisis Data Sakernas Tahun 2010). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Wanita Indonesia merupakan sumber daya insani yang potensial bagi pembangunan, karena berjumlah lebih dari separuh penduduk Indonesia. Namun potensi kaum wanita yang relatif besar belum termanfaatkan secara maksimal terutama dalam kegiatan-kegiatan produktif. Kegiatan produktif yang dimaksud disini adalah bekerja atau melakukan suatu kegiatan dengan tujuan memperoleh penghasilan. Dalam perkembangannya saat ini, ternyata tugas dan peranan wanita semakin berkembang. Sehingga wanita tidak hanya berperan sebagai ibu rumah tangga, tetapi juga melakukan kegiatan produktif guna menambah penghasilan. Keterlibatan wanita dalam pencarian nafkah menyebabkan waktu yang dicurahkan dalam kegiatan rumah tangga berkurang. Sedangkan waktu yang dicurahkan seorang wanita dalam kegiatan mencari nafkah mendapatkan imbalan berupa penghasilan sehingga seorang wanita dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh faktor tingkat upah, umur, tingkat pendidikan, jumlah tanggungan keluarga dan status perkawinan terhadap curahan waktu kerja wanita pada sektor perdagangan di Provinsi Jawa Timur, (2) mengetahui faktor mana yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap curahan waktu kerja wanita pada sektor perdagangan di Provinsi Jawa Timur. Metode pe nelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh melalui data SAKERNAS (Survei Angkatan Kerja Nasional) yaitu salah satu survei dengan pendekatan rumah tangga yang dilakukan BPS (Badan Pusat Statistik) secara regular, dan secara khusus yang bertujuan untuk mengumpulkan data ketenagakerjaan secara periodik. Metode analisis data yang digunakan yaitu model analisa regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari variabel tingkat upah, umur, tingkat pendidikan dan status perkawinan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap curahan waktu kerja wanita pada sektor perdagangan. Dan faktor yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap curahan waktu kerja wanita pada sektor perdagangan adalah faktor tingkat upah. Karena memiliki nilai koefisien regresi yang paling besar yakni sebesar 4,658 dan berarti adanya hubungan positif antara variabel tingkat upah dengan curahan waktu kerja wanita, sehingga setiap terjadi peningkatan rata-rata tingkat upah sebesar 1 persen maka akan meningkatkan tingkat curahan waktu kerja wanita sebesar 4,658 jam jika variabel bebas lain dianggap konstan. Oleh sebab itu, dari hasil penelitian ini menunjukkan seseorang akan berusaha masuk ke pasar kerja apabila upah yang diberikan semakin meningkat, atau dengan kata lain apabila upah mengalami peningkatan maka curahan waktu kerja pun mengalami peningkatan, maka dengan ini penghasilan keluarga pun akan bertambah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2012/6/051200221
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Apr 2012 14:34
Last Modified: 18 Oct 2021 08:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/106435
[thumbnail of 051200221.pdf]
Preview
Text
051200221.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item